Jelang PON XX Vaksinasi Warga Sekitar Venue Mencapai 40 Persen
beritapapua.id - Pelayanan vaksinasi yang dilakukan tim medis kepada masyarakat di Sentani. (foto : jubi)

Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, pemberian vaksinasi kepada masyarakat yang berada di sekitar venue penyelenggaran PON XX di Kabupaten Jayapura telah mencapai 40 persen, dari total 87.226 warga yang menjadi sasaran vaksinasi.

Hal ini seperti yang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie sampaikan saat memberikan keterangan terkait hal kesiapan tuan rumah Papua jelang PON XX.

Khairul Lie yang sekaligus juru bicara Tim Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura mengatakan warga yang telah menerima vaksinasi di Sentani Timur sebanyak 41,3 persen.
Dan untuk wilayah Sentani tercatat sudah sampai dengan 44,2 persen serta untuk wilayah Waibhu sudah 42,1 persen.

Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini sasaran vaksinasi secara umum di Kabupaten Jayapura telah mencapai 33.997 orang, atau 37,9 persen. Dengan hasil tersebut menunjukan bahwa secara nasional angka ini sudah melampaui target dosis pertama yaitu 22 persen.

“Target kita sebelum pelaksanaan PON XX di daerah ini, sasaran vaksinasi harus mencapai 70 persen. Dan masih tersisa 40 persen,” ujar Khairul Lie di Sentani, Rabu (11/8/2021).
Menurutnya, target pencapaian sasaran vaksinasi bisa terlaksana hingga akhir Agustus. Hal juga bisa terlihat dari antusias warga yang terus berdatangan ke sentra-sentra pelayanan vaksinasi.

Lie juga menjabarkan data kasus Covid-19 di wilayah itu sebanyak 2.489 kasus, sebanyak 633 orang masih dirawat. Sementara pasien yang sembuh dari paparan Covid-19 sebanyak 26 orang.

Warga Jayapura Antusias Mengikuti Vaksinasi

Ia juga menjelaskan bahwa warga sangat berantusias dalam mengikuti vaksinasi, dan juga disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. Hal ini membuat angka positif Covid-19 pada Agustus mulai menurun drastis.

“Angka positif Covid-19 sejak memasuki Agustus mulai menurun drastis dari sebelumnya yang per hari bisa mencapai 70-90 kasus per hari.”

Baca Juga : Pemprov Papua Barat Memperpanjang PPKM Level 3 di 11 Daerah

Ia berharap jumlah tersebut tidak kembali bertambah dan warga juga tetap bisa disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Yang meninggal sejak adanya pandemi terbesar ini, di Kabupaten Jayapura hingga Juli tercatat 100 orang. Dan memasuki awal Agustus bertambah lima orang. Jumlah ini diharapkan tidak bertambah dengan kesadaran setiap orang untuk disiplin dalam menjalankan prokes dengan baik dan mengikuti program vaksinasi,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Yowari, Petronela Risamasu mengharapkan agar masyarakat lebih peka dan serius mengurusi kesehatan masing-masing, agar benar-benar terhindar dari segala jenis penyakit.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang merasakan sakit untuk segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit agar segera mendapatkan pemeriksaan. Karena menurutnya hal tersebut merupakan langkah tepat mengantispasi penularan Covid-19.