Jelang Tahun Baru, Bupati Manokwari Selatan Ingatkan Pentingnya Prokes
beritapapua.id - Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran (17/04/2020). (foto: istimewa)

Menjelang pergantian tahun, Bupati Manokwari Selatan Mansel, Markus Waran bersama Dandim 1808/Mansel, Letkol Inf. Boby Marsusitaning, Kapolres Mansel AKBP. Slamet Haryono, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Pimpinan OPD melakukan sosialisasi Covid -19 serta mengimbau menjaga kamtibmas menjelang tahun baru.

Hal ini ia sampaikan melalui pesan dan kesan natal di beberapa Gereja yang ada di Ransiki, Momi Waren dan Oransbari.

Bupati Manokwari Selatan mengatakan bahwa masyarakat tidak boleh lengah karena pandemi Covid-19 hingga kini masih ada dan belum menghilang. Terlebih saat ini ada virus varian baru yaitu Omicron yang sudah masuk ke Kabupaten Bintuni.

Untuk itu, ia meminta agar semua warga Manokwari Selatan tidak takut namun tetap waspada dan disiplin mematuhi prokes serta mengikuti vaksinasi.

“Di momen natal dan tahun baru ini, Saya bersama Forkopimda hadir membawa berita keselamatan agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti vaksin. Kami tidak memaksa untuk vaksin, tetapi menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga keselamatan kita semua karena sampai sekarang baru vaksin yang bisa menangkal virus Corona. Sekarang di Kabupaten Bintuni sudah ada temuan kasus varian baru, jadi kita harus waspada,” imbaunya.

“Selain itu, instruksi dari Mendagri, Menkes dan Menteri keuangan tanggal 27 kemarin menyebutkan ASN dan honorer wajib serta tokoh-tokoh masyarakat harus vaksin sehingga kita harus mengikuti. Apabila tidak bisa sertakan surat keterangan dokter,” sambungnya.

Virus Varian Omicron Sudah Ada di Kabupaten Teluk Bintuni

Sementara itu, Kapolres Manokwari Selatan AKBP Slamet Haryono mengatakan varian baru virus Corona yaitu Omicron sudah ada di Kabupaten Teluk Bintuni. Dengan demikian, pihaknya sangat mendukung Pemda Manokwari Selatan dalam hal ini Bupati Markus Waran yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

”Melalui pesan dan kesan natal yang di lakukan oleh Bapak Bupati untuk melakukan sosialisasi vaksinasi, mengingatkan pentingnya vaksin dan patuhi protokol kesehatan, sehingga bisa mencegah Corona. Karena, di Bintuni sudah terdeteksi 99 kasus omicron dari karyawan perusahaan, dan sekarang naik jadi 122 kasus. Sedangkan di Sorong kota juga ada 44 kasus, Fakfak dan Kabupaten Sorong 1 kasus,” ujar Kapolres.

Baca Juga: Sub PB PON Kota Jayapura Gelar Syukuran Atas Suksesnya PON XX

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 1808/Mansel, Letkol Inf. Bobby Marsusitaning mengatakan bahwa masyarakat harus terus bekerjasama dalam memerangi virus Corona. Untuk itu perlu adanya kerjasama dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita sama-sama menjaga Kabupaten ini (Manokwari Selatan) agar bebas dari Corona, karena di kabupaten Bintuni sudah ada 122 orang yang terpapar Omicron sehingga pencegahan harus dilakukan mulai dari sendiri,” pintanya.