Jemaat GPM Air Manis Ambon Bentuk Relawan Tanggap Covid-19
beritapapua.id - Jemaat GPM Air Manis Ambon Bentuk Relawan Tanggap Covid-19 - BeritaBeta

Jemaat GPM Air Manis Ambon Bentuk Relawan Tanggap Covid-19 – Aksi sosial berupa upaya pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19) di wilayah Kota Ambon, terus menjadi perhatian serius sejumlah elemen masyarakat. Dalam situasi saat ini sangat penting bagaimana masyarakat saling menjaga dan bergotong royong untuk menciptakan suasana yang kondusif dan aman bagi ketahanan kolektif.

Situasi ini juga menjadi penanda bagi masyarakat untuk menggalakkan menjaga kebersihan. Selain itu agar masyarakat saling mengingatkan sesama, untuk tetap waspada demi memutus rantai penularan Covid-19.

Baca Juga: Wacana Yasonna Laoly, Membebaskan Koruptor Tuai Kritik

Penyemprotan Disinfektan oleh Jemaat Gereja

Aksi nyata dengan melakukan penyemprotan disinfektan bukan saja dilakukan oleh pemerintah, tapi juga dilakukan oleh kalangan jamaat gereja sebagai bentuk pelayanan. Seperti yang dilakukan Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Air Manis, Klasis Ambon Utara dengan melibatkan Angkatan Muda Ranting, Selasa (31/03/2020).

Ketua Majelis Jemaat GPM Air Manis Pdt. Anthoni Jamlean.S.si.MH, kepada beritabeta.com di Ambon, Selasa malam (31/03/2020) mengatakan, pihaknya merasa terpanggil untuk melakukan sejumlah kegiatan terkait penanganan dan pencegahan virus corona di lingkungan jemaat.

Menurutnya, tindakan nyata yang dilakukan pihaknya adalah menggelar kegiatan sosialisasi terkait wabah Covid-19. Selain itu juga membentuk relawan yang ditugaskan untuk menjalankan sejumlah aksi pencegahan.

“Pembentukan Relawan Tanggap Covid-19 ini melibatkan Angkatan Muda ranting dengan menjalankan sejumlah aksi berupa penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan lingkungan tempat tinggal,” ungkap Jamlean.

Ia mengatakan, relawan jemaat ini telah melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan dengan menyasar sejumlah rumah anggota jemaat. Rumahnya menyebar di sejumlah wilayah antaranya, Warina, Batu Badiri, Tawiri, Wailawa, Riang dan Wayame.

“Kami ikut merasa gembira dan senang karena kegiatan ini begitu mendapat apresiasi yang cukup baik. Semua warga jemaat menyambut baik kegiatan ini. Bahkan dan juga yang meminta kami untuk melakukan aksi serupa di jemaat yang lainnya,” ungkapnya.

Jamlean menambahkan, kegiatan sosial yang dilakukan relawan ini, semuanya didanai dari keuangan jemaat dengan pertimbangan bahwa keselamatan umat adalah tindakan pelayanan yang harus dilakukan.

“Jadi apapun caranya kebijakan anggaran harus dibijaki untuk keselamatan umat karena itu merupakan bagian dari pelayanan. Aksi ini akan kami lanjutkan hingga Senin pekan depan,”tutupnya.