Jenis Buah yang Aman Bagi Penderita Diabetes
Beritapapua.id - Jenis Buah yang Aman Bagi Penderita Diabetes - Pikist

Jenis Buah yang Aman Bagi Penderita Diabetes – Mengkonsumsi buah-buahan tentu merupakan salah satu hal yang baik bagi kesehatan tubuh. Kita selalu dianjurkan untuk mencukupi serat, nutrisi, dan vitamin. Namun, ada beberapa hal yang juga perlu kita perhatikan, misalnya kondisi tubuh kita yang mungkin tidak bisa mengonsumsi sembarang buah.

Misalnya ketika seseorang memiliki riwayat penyakit diabetes adalah penyakit gangguan metabolisme menahun akibat pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin secara cukup atau tidak mampu menggunakan insulin yang telah diproduksi secara efektif. Insulin merupakan hormon yang memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh. Dengan adanya gangguan fungsi pankreas dan insulin tersebut, tubuh akan terbebani dengan kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia).

Buah-buahan ini pasalnya dapat mengandung berbagai nutrisi yang memiliki andil untuk menurunkan kadar gula darah atau mencegah peningkatan gula darah secara drastis. Sebut saja kandungan serat dalam buah yang terbukti efektif memperlambat penyerapan nutrisi tubuh, sehingga gula darah tidak cepat naik mendadak.

Baca Juga: Poffertjes, Warisan Belanda Pada Warung Pinggir Jalan Puncak Bogor

Beberapa jenis buah yang bagus bagi penderita diabetes.

  1. Apel

Apel utamanya mengandung air dengan porsi hingga 86 persen. Sebagai buah-buahan, apel juga memiliki kalori yang relatif rendah karena kandungan lemaknya yang sangat sedikit. Jika kamu mau menyantap buah yang kaya nutrisi meskipun sedang terburu-buru, apel dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu. Selain kandungan kalorinya yang rendah, apel juga kaya akan vitamin C serta serat yang dapat membuatmu kenyang. Jangan membuang kulitnya karena kulit apel mengandung banyak antioksidan.

  1. Jeruk

Kandungan yang paling banyak kita dapatkan dari buah jeruk adalah karbohidrat dan air. Karbohidrat ini ada dalam bentuk gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Selain kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, jeruk mengandung indeks glikemik rendah (31-51), folat dan potasium yang terbukti dapat mengatasi tekanan darah. Jeruk dapat membantu mencegah batu ginjal, anemia, dan penyakit jantung. Selain itu, jeruk juga mengandung serat yang berasal dari pectin, selulosa, hemiselulosa dan lignin. Serat ini bisa membantu fungsi sistem pencernaan serta bisa menurunkan kadar kolesterol.

  1. Anggur

Kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula. 10 persen kandungan gizi lainnya pada anggur berupa asam galat, glukosida, asam folat, mangan, zat besi, sejumlah vitamin, dan kalsium. Anggur tergolong sebagai buah dengan indeks glikemik rendah, yaitu 53. Kandungan resveratrol dalam anggur telah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang nantinya dapat meningkatkan kemampuan tubuhmu untuk menggunakan glukosa dengan baik dan menurunkan tingkat gula darah.

  1. Beri

Kamu bisa menyantap buah stroberi, blueberries, raspberries dan blackberries dalam jumlah yang banyak karena buah beri tidak hanya memiliki GI (Glycemic Index) rendah. Yakni kurang dari 40, tetapi juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Jika buah ini terlalu asam bisa menikmatinya dengan semangkuk plain yogurt untuk ide sarapan sehat.