Jerinx SID Dituntut Hukuman 3 Tahun Penjara
Beritapapua.id - Jerinx SID Dituntut Hukuman 3 Tahun Penjara - Pikiran Rakyat

Jerinx SID Dituntut Hukuman 3 Tahun Penjara – Dalam sidang lanjutan perkara “IDI Kacung WHO”, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Jerinx dengan 3 tahun penjara dan denda Rp 10 juta. JPU menilai pria bernama asli I Gede Ari Astina ini telah melakukan tindak pidana ujaran kebencian.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx dengan pidana penjara selama 3 tahun dan denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan dikurangi selama terdakwa ada dalam tahanan dengan perintah tetap berada dalam tahanan,” kata JPU Otong Hendra Rahayu dalam pembacaan tuntutan, Selasa (3/11).

“Bahwa terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan yang dilakukan secara berlanjut,” ucap Otong.

JPU meyakini bahwa Jerinx terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat 2 dan Pasal 45 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

JPU juga menambahkan bahwa hal yang memberatkan terdakwa adalah sikapnya yang tidak menyesali perbuatannya, serta walk out saat persidangan. Sedangkan hal yang meringankan terdakwa adalah terdakwa mengakui perbuatannya, serta usia terdakwa masih muda sehingga bisa dilakukan pembinaan.

Baca Juga: Kabupaten Manokwari Mengembangkan Sektor Pariwisata

Jerinx Meluapkan Emosinya

Usai mengikuti sidang tersebut, Jerinx pun meluapkan kekesalannya. Ia mempertanyakan siapa pihak yang ingin memenjarakannya.

“Saya lucu melihatnya, dari pihak IDI Pusat, IDI Bali, mereka semua bilang tidak ingin memenjarakan saya. Jadi siapa sebenarnya yang ingin memenjarakan saya?” ujar Jerinx dengan nada tinggi.

“Saya ingin tahu orangnya siapa yang ingin memenjarakan saya dan ingin memisahkan saya dengan istri saya,” tambah Jerinx.

Ia pun kemudian menantang pihak yang ingin memenjarakannya untuk datang menemuinya di persidangan.

“Coba datang sekali-kali ke sidang yang ingin memenjarakan saya. Dari IDI Pusat, IDI Bali enggak ada yang ingin memenjarakan saya. Siapa yang pesan sebenarnya, datang kalian ke sidang,” ucap Jerinx.