Jiwasraya Mau Dibawa Kemana?
beritapapua.id - Jiwasraya Mau Dibawa Kemana? - Merdeka

Kejaksaan Agung telah memeriksa tiga orang saksi terkait dugaan korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada Selasa (2/6). Ketiga orang tersebut adalah Wilianto, Direktur Utama PT Maybank Kim Eng Sekuritas, daj H.R. Yudha Satya Amdarmo, Direktur Utama PT CIMB Sekuritas, serta Benny Andrew Wijaya, Direktur Utama PT Valbury Sekuritas.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono mengatakan bahwa keterangan dari ketiga saksi sangat diperlukan terutama untuk mengetahui bagaimana proses jual beli saham dalam pengelolaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya pada saat yang bersangkutan menjabat sebagai pengurus perusahaan.

Presiden Joko Widodo sendiri berulang kali mengingatkan bahwa kasus Jiwasraya ini akan memakan waktu yang cukup panjang. Beliau juga menyatakan bahwa sudah ada langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah agar kasus ini dapat segera menemui titik terang. Menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kerugian negara yang timbul akibat kasus ini adalah sebesar Rp 16,81 triliun.

Kejaksaan Agung mengaku telah memeriksa ratusan saksi dan menggeledah sejumlah tempat untuk mengembangkan penyidikan kasus ini. Sampai saat ini, Kejaksaan Agung telah menetapkan 6 orang menjadi tersangka dalam kasus Jiwasraya. Kejaksaan Agung juga telah menyita total aset para tersangka dengan nilai sebesar Rp 13,1 triliun. Penyidik masih memburu aset lain para tersangka dalam rangka pengembalian uang negara.

Baca Juga: Mahasiswa di Luar Papua Minta Pemda Maybrat Berikan Bantuan

6 Tersangka Akan Jalani Persidangan

Keenam tersangka yang sudah ditetapkan oleh Kejaksaan Agung, akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Rabu (3/6). Keenam tersangka tersebut diantaranya:

  • Joko Hartono Tirto, Direktur PT Maxima Integra
  • Harry Prasetyo, Mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya
  • Hendrisman Rahim, Mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya
  • Syahmirwan, Mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya
  • Benny Tjokrosaputro, Direktur Utama PT Hanson International Tbk
  • Heru Hidayat, Komisaris Utama PT Trada Alam Mineral

Dalam kesempatan yang sama, Jaksa Agung, ST Burhanuddin juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan dukungan serta mengawal jalannya persidangan tindak pidana korupsi Jiwasraya.