Jokowi:
beritapapua.id - Jokowi: "Listrik Gratis Selama 3 Bulan" - Infoperbankan

Jokowi: “Listrik Gratis Selama 3 Bulan” – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengambil sebuah langkah guna menangani dampak yang ditimbulkan dari pandemi virus corona atau Covid-19 yaitu dengan membebaskan kewajiban pembayaran tarif listrik atau gratis dan potongan harga sebesar 50 persen.

Jokowi mengatakan pemerintahnya saat ini mentetapkan pelanggan listrik golongan 450 VA (Volt Ampere) akan digratiskan. Di mana PT PLN (Persero) mencatat jumlah pelanggan listrik ini terhitung mencapai 24 juta pelanggan. Pelanggan tersebut merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap listrik gratis dapat membantu masyarakat ekonomi bawah untuk berjuang melawan dampak ekonomi virus corona.

Selain itu, pemerintah juga menetapkan pelanggan listrik golongan 900 VA akan diberikan keringanan berupa potongan tarif sebesar 50 persen. Jumlah pelanggan golongan ini diperkirakan kurang lebih 7 juta pelanggan.

Pembebasan biaya tarif listrik untuk golongan pelanggan 450 VA dan potongan tarif sebesar 50 persen untuk golongan pelanggan 900 VA itu hanya berlaku untuk periode April, Mei, dan Juni 2020.

Menyikapi kebijakan tersebut, PLN menyatakan siap untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menggratiskan tarif listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 VA. Selain itu pihaknya juga menyatakan siap memberikan diskon sebesar 50 persen bagi 7 juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan tarif gratis dan keringanan tarif tersebut akan berlaku selama tiga bulan.

“Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450 VA dan keringanan tarif listrik 50 persen tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN,” tandasnya.

Baca Juga: Kecelakaan maut, Mahasiswi Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

Apakah Berlaku untuk Pengguna Listrik Prabayar alias Pengguna Token?

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana memaparkan pemerintah akan memberikan keringanan sejumlah penggunaan maksimum KWh selama tiga bulan ke belakang. Untuk golongan 450 VA, mulai April, Mei, hingga Juni akan mendapatkan listrik gratis sebesar jumlah penggunaan maksimum di tiga bulan sebelumnya dari Januari ke Maret.

“Untuk prabayar golongan 450, atau yang beli token, itu diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan. Kami dan PLN, sudah punya profile-nya pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa,” kata Rida.

“Itu lah yang kita berikan secara gratis 3 bulan ke depan, angka maksimumnya dia beli selama 3 bulan kemarin,” sambungnya.

Sementara itu untuk pelanggan golongan 900 VA, pemerintah tetap menggunakan angka pembelian listrik maksimum selama tiga bulan sebelumnya. Nantinya, setengah jumlah listrik dari angka tersebut akan digratiskan.

Dengan kebijakan ini Rida mengatakan masyarakat pengguna listrik golongan 450 VA dan 900 VA tidak akan belanja listrik bulanan sebesar biasanya, dan akan berlaku mulai bulan April hingga Juni.