Jokowi: Saya Tidak Akan Lindungi Mensos
Beritapapua.id - Jokowi: Saya Tidak Akan Lindungi Mensos - Pikiran Rakyat

Jokowi: Saya Tidak Akan Lindungi Mensos – Presiden Jokowi menyatakan bahwa dirinya tidak akan melindungi siapapun yang terlibat dalam kasus korupsi. Hal ini disampaikannya dalam menanggapi penetapan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi,” ujar Jokowi di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12).

Jokowi mengaku bahwa dirinya sudah berkali-kali mengingatkan para pejabat negara untuk berhati-hati menggunakan anggaran, termasuk dana bansos covid-19. Menurutnya, saat ini masyarakat justru sangat membutuhkan dana tersebut dalam rangka penanganan covid-19 dan juga pemulihan ekonomi nasional.

“Berulang kali saya mengingatkan ke semua para pejabat negara baik itu menteri, gubernur, bupati, wali kota dan semua pejabat untuk hati-hati dalam menggunakan uang dari APBD kabupaten/kota, APBD provinsi dan APBN, itu uang rakyat,” ucap Jokowi.

Peringatan yang sama juga pernah dilontarkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia pernah mengingatkan agar tidak ada pihak-pihak yang melakukan korupsi anggaran APBN dan APBD dalam hal bansos.

“Saya sebagai menteri keuangan mengimbau, meskipun kita darurat dan harus melakukan secara cepat, saya berharap tidak ada korupsi dan tidak ada konflik kepentingan sehingga tidak mengacaukan seluruh persepsi bahwa emergency dan urgensi ini betul-betul kita ingin melakukan percepatan reaksi untuk menolong masyarakat,” ujar Sri Mulyani pada Maret silam, seperti yang dikutip dari kompas.

 Baca Juga: Mensos Juliari Batubara Tersangka Korupsi Bansos Covid-19

Jokowi Tunjuk Menko PMK Sebagai Mensos Ad Interim

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi pun mengatakan bahwa dia telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy sebagai Mensos Ad Interim menggantikan Juliari Batubara.

“Untuk sementara nanti saya akan menunjuk Menko PMK untuk menjalankan tugas Mensos,” ucap Jokowi.

Dalam tanggapannya, Jokowi pun menyampaikan optimisme bahwa KPK akan bekerja secara baik, transparan, terbuka dan profesional. Ia pun menyatakan bahwa pemerintah akan konsisten mendukung KPK dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Jokowi pun memastikan bahwa pemerintah akan menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK.