Jubir TPNPB-OPM: Nakes Gerald Sokoy Masih Hidup
beritapapua.id - Nakes Gerald Sokoy (kanan) bersama TPNPB-OPM. (foto: istimewa)

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, mengeklaim tenaga kesehatan (nakes) atas nama Gerald Sokoy yang dinyatakan hilang setelah konflik di Distrik Kiwirok masih hidup.

“Nasib salah satu nakes yang hilang atas nama Gerald Sokoy adalah tersesat pada 13 September 2021 itu dan kami menemukannya,” ungkapnya.

Sebby juga menjelaskan jika pihaknya tidak menyandera Gerald. Menurutnya, TPNPB-OPM menemukan Gerald dalam keadaan tersesat usai terjadi kontak senjata dan membawanya ke markas.

Ia memastikan keadaan Gerald Sokoy saat ini dalam keadaan baik tanpa adanya penganiayaan dan sedang bersama pasukan TPNPB-OPM di markas.

“Sementara ada bersama kami di markas,” ungkapnya.

Sebby juga mengatakan bahwa pihaknya akan memulangkan Gerald dalam keadaan baik ke keluarganya.

“Rencana akan kami kembalikan ke keluarganya melalui Kabupaten Kabupaten Pengunungan Bintang,” ungkap Sebby.

Sebby juga menjelaskan keterlibatan mereka atas kematian nakes dalam insiden di Puskesmas Kiwirok, pekan lalu. Pihaknya juga tidak menyalahkan semua tuduhan yang mengarah kepada TPNPB-OPM.

“Soal kematian almarhumah Suster MG, yang banyak pihak simpang siur dan mengutuk keras kepada pihak militer TPNPB-OPM adalah hal yang biasa,” ungkapnya.

Baca Juga: Lawan Kaltim, Tim Softball Putra Papua Menangkan Secara WO

Ia mengatakan hanya waktu yang akan membuktikan siapa pelaku dari pembunuhan tenaga kesehatan itu. Pihaknya pun tidak bisa menyangkal kejadian tersebut, karena pembunuhan itu terjadi saat situasi yang tidak bisa dikontrol pihaknya.

“Nanti situasi mereda juga akan ketahuan jika kami bertanggung jawab atas segala penembakan terhadap apapun terjadi karena dalam situasi seperti itu kami tidak Kontrol baik,” ungkapnya.

Belum Mendapatkan Informasi Keberadaan Gerald

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1715/Yahukimo, Letkol Inf Christian Irreuw menyebut, hingga kini keberadaan Gerald Sokoy belum diketahui.

Ia pun mengaku belum mendapatkan informasi yang menyatakan bahwa Gerald berada di markas TPNPB-OPM.

“Kami belum tahu nakes tersebut berada di markas KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata),” ujar Christian.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya juga cukup kesulitan dalam melakukan pencarian dan mengetahui keberadaan Gerald. Hal ini lantaran anggota KKB masih berada di sekitar lokasi terjadinya konflik.

“Anggota kami saat ini tidak bisa bergerak ke mana-mana. Fokus pengamanan masing-masing pos karekan KKB tersebut belum jauh dari daerah pos (terjadi konflik) tersebut,” ungkap dia.