Jumlah Atlet dan Official PON XX Positif Covid-19 Bertambah Menjadi 40 Orang
beritapapua.id - Relawan yang bertugas menjadi Satgas Prokes PON XX membagikan masker kain kepada warga yang ada di dalam kawasan Stadion Lukas Enembe (Dok. BNPB)

Terjadi penambahan kasus Covid-19 selama berlangsungnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Hingga Kamis (7/10/2021) sudah ada 40 orang mulai dari atlet, official dan panitia pelaksana yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penambahan Ke 40 kasus tersebut berasal dari empat klaster yang menjadi tempat pelaksana pertandingan PON XX.

Penambahan kasus Covid-19 ini terjadi di Kota Jayapura yang menjadi 15 kasus, untuk Kabupaten Jayapura ada penambahan delapan kasus dan Kabupaten Merauke empat kasus. Sementara di Kabupaten Mimika masih tercatat 13 kasus.

Kepala Dinas Kota Jayapura dr Nyoman Antari mengatakan bahwa ada 15 orang penambahkan kasus baru positif Covid-19 di PON XX. Namun satu orang saat ini sudah sembuh dari Covid-19.

“Hingga Kamis pagi (7/10/2021) tercatat 15 orang baik itu atlet maupun official yang positif Covid-19. Satu orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Para Atlet dan Official Sudah Menjalani Isolasi

Ia juga mengatakan bahwa para atlet dan official peserta PON XX yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini juga telah menjalani perawatan dan isolasi terpusat terapung di KM Tidar. Dan sebagian lainnya juga menjalani perawatan di RS Provita.

“Rata-rata mereka tanpa gejala. Kalaupun bergejala, hanya ringan, termasuk yang kini dirawat di RS Provita,” kata Nyoman.

Baca Juga: 300 Personel Akan Amankan Final Sepakbola Putri Papua vs Jabar

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dr Khaerul Lie mengaku di wilayahnya bertambah satu orang hingga menjadi delapan orang yang positif Covid-19.

Ia menjelaskan bahwa rata-rata atlet dan official terdetektif positif Covid-19 saat tengah melakukan PCR sebagai syarat bagi pelaku perjalanan untuk kembali ke daerahnya masing-masing.

Khaerul Lie mengatakan semua atlet dan official tersebut telah menjalani vaksinasi, karenanya beberapa dari mereka yang positif tidak mengalami gejala.

“Mereka semua sudah divaksin Covid-19,” ujar dr Khaerul Lie.

Ia juga menyatakan ada penambahan satu pasien Covid-19 dari PON XX hingga tercatat empat orang. Dan keempat orang tersebut merupakan official dan panitia pelaksana PON XX.

“Keempat orang yang merupakan official dan panitia pelaksana kini menjalani isolasi terpusat terapung di KM Sirimau,” kata dr Neville Maskita.