Junaedi Rahim Resmi Memimpin KKSS Kota Jayapura
beritapapua.id - Pelantikan Samsunar sebagai Ketua BPD KKSS Kota Jayapura di Jayapura, Minggu 27 Maret 2022. (Foto: Kabarpapua)

Junaedi Rahim memimpin Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD KKSS) Kota Jayapura periode 2021-2026.

Junaedi Rahim resmi memimpin setelah Ketua Badan Pengurus Wilayah (PBW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Papua melantiknya pada, Minggu 27 Maret 2022.

Selain melantik BPD KKSS Kota Jayapura, Mansur juga melantik BPC KKSS Distrik Abepura, BPC KKSS Distrik Jayapura Utara, BPC KKSS Distrik Jayapura Selatan, dan Batom IWSS Kota Jayapura.

Ketua BPD KKSS Kota Jayapura, Junaedi Rahim mengatakan kepercayaan yang berikan kepadanya untuk memimpin Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Kota Jayapura ketiga kalinya.

Adapun empat program yang menjadi perhatiannya, pertama pembentukan kepengurusan di tingkat rayon untuk mempermudah menangani permasalahan di tingkat distrik maupun kota.

Kedua, lanjutnya, membentuk Ikatan Pemuda yang akan menjadi garda terdepan. Ketiga memikirkan pencapaian perolehan dana operasional. Terakhir membangun Balalompoa (rumah besar).

“Untuk pembuatan Balalompoa ini, aset KKSS banyak, nanti kita akan bahas di mana kita akan bangun Balalompoa,” ucapnya.

KKSS Sudah Terbentuk Sampai di 17 Negara

Ia juga mengatakan bahwa dari 29 Kabupaten Kota di Provinsi Papua, KKSS sudah terbentuk di 22 Kabupaten dan Kota. Bukan hanya di Indonesia, KKSS juga terbentuk di luar negeri.

“KKSS sudah terbentuk di 17 negara. Semua ini dibentuk sebagai wadah ajang silaturahmi antar sesama warga KKSS,” terangnya.

Baca Juga: GMKI Menggelar Event KONAS di Papua, Pemprov Sambut Baik

Mansur berharap, kepengurusan baru KKSS dapat mengonsultasikan program berjalan dan bukan hanya ramai pada saat pelantikan.

“Pengurus jangan hanya mengurus diri sendiri maupun organisasi, tetapi juga harus mengurus warga baik warga KKSS maupun warga non KKSS, karena kita berada di kota Jayapura,” pesannya.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan pembentukan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan adalah sebagai wadah berkomunikasi dan bersilaturahmi antar orang yang merantau dari negeri Sulsel ke Kota Jayapura.

Ia berpesan agar kepengurusan yang baru dapat melaksanakan program-program yang bermanfaat dan harus saling tolong-menolong.

“Dan yang paling terpenting harus saling komunikasi, koordinasi, dan komitmen untuk menjaga marwa organisasi yang besar ini,” Tomi Mano menambahkan.