Kabar Duka Bupati Nduga Yairus Gwijangge Meninggal Dunia
Beritapapua.id - Kabar Duka Bupati Nduga Yairus Gwijangge Meninggal Dunia - Pacemace

Kabar Duka Bupati Nduga Yairus Gwijangge Meninggal Dunia – Kabar duka datang dari Provinsi Papua, Bupati Kabupaten Nduga, Yairus Gwijangge mengembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (15/11/2020) dini hari. Yairus meninggal dunia setelah sebelumnya dirawat di sebuah rumah sakit di Jakarta. Yairus meninggal pada usianya yang ke 52 tahun.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nduga, Ikabus Gwijangge menyebut, Bupati Yairus selama dua hari terakhir menjalani perawatan di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan. Hanya Ia tidak menyebut penyakit yang dideritanya.

Menurut Ikabus, keluarga telah menerima kepergian Yairus dan meminta semua pihak untuk ikut mendoakan. Selanjutnya jenazah mendiang Yairus rencananya akan diterbangkan ke Jayapura dan dilanjutkan ke Kenyam, untuk dimakamkan di kampung halaman di Kabupaten Nduga, pada Senin (16/11/2020).

“Istri dan kerabat menemani bupati hingga meninggal dunia di rumah sakit. Seluruh masyarakat Nduga sangat terpukul dengan kepergian beliau.  Namun, semua ini adalah takdir yang sudah ditetapkan oleh Tuhan,” kata Ikabus.

Baca Juga: Nikita Mirzani Mendapat Ancaman Karena Menghina Habib Rizieq

Keadaan Masyarakat Kabupaten Nduga

Kabar Duka Bupati Nduga Yairus Gwijangge Meninggal Dunia
Beritapapua.id – Kabar Duka Bupati Nduga Yairus Gwijangge Meninggal Dunia – SalamPapua

Anggota DPR Papua, Laurenzus Kadepa, menyampaikan pesan gambaran kondisi warga Nduga usai Bupati Yairus meninggal.

“Bupati Nduga Bapak Yairus Gwijangge meninggal dunia karena sakit. Beliau telah pergi untuk selamanya meninggalkan rakyat Nduga (yang) masih dalam ketakutan dan pengungsian akibat konflik bersenjata antara aparat TNI Polri dan TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat),” kata Laurenzus Kadepa.

Kadepa pun turut mengucapkan berdukacita atas meninggalnya Yairu dan turut mendoakan Yairus.

“Selamat Jalan Bapak Yairus Gwijangge, Bupati Nduga-Provinsi Papua. Semoga apa yang dilakukan selama ini sebagai bupati, baik itu amal dan perbuatannya, dapat terima Tuhan di surga,” ucap Kadepa.

Kabupaten Nduga hingga masih mengalami pelbagai konflik yang mengakibatkan sejumlah warga harus mengungsi. Semasa pemerintahan Bupati Yairus Gwijangge, pihaknya sempat meminta bantuan ke Ketua DPR RI Bambang Soesatro untuk menyampaikan ke Presiden Joko Widodo agar segera menarik personel TNI dan Polri yang menggelar operasi militer di Papua sejak awal Desember 2018.

“Kami dengan harapan penuh meminta kepada Presiden melalui Ketua DPR bahwa penarikan anggota TNI (dan) Polri nonorganik dan organik itu sama-sama melaksanakan tugas di sana,” ungkap Yairus saat pertemuannya dengan DPR Agustus 2019 lalu.

Pada 2019 itu, Yairus menerangkan bahwa keberadaan personel TNI dan Polri di Nduga telah membuat hidup masyarakat tidak tenang. Bahkan, masyarakat terpaksa mengungsi ke kabupaten lain yang mengakibatkan sekitar 11 distrik di Nduga dalam kondisi kosong.