Layanan internet dan telepon semua operator di Kota Jayapura, Papua, mengalami gangguan sejak Jumat (30/4/2021) malam sekitar pukul 21.30 WP. Penyebabnya gangguan tersebut akibat putusnya link kabel serat optik bawah laut PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
Vice President Corporate Communication PT Telkom, Pujo Pramono mengatakan gangguan layanan internet dan telepon di Jayapura merupakan dampak dari putusnya infrastruktur kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak–Sarmi. Pujo menyatakan layanan telepon dan pesan telah pulih pada Sabtu (1/5/2021) pukul 00.45 WP.
Akan tetapi, layanan data internet, baik fixed maupun mobile broadband, masih dalam proses pemulihan. Pemulihan kualitas layanan secara bertahap, dengan mengoptimalkan kapasitas satelit, sistem komunikasi radio IP terrestrial, dan dukungan dari infrastruktur lainnya termasuk pemanfaatan jaringan Palapa Ring Timur.
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dan masyarakat di wilayah Jayapura dan sekitarnya yang terdampak. Kami akan mengupayakan percepatan agar kualitas layanan bisa segera kembali normal,” ujar Pujo.
Sementara itu, Sugeng Widodo selaku, General Manager PT Telkom Wilayah Telekomunikasi Papua, mengatakan putusnya kabel bawah laut itu berdampak terhadap layanan internet dan telepon di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Sarmi.
Belum Mengetahui Penyebab Putusnya Kabel Serat Optik
Ia menyatakan pihaknya belum mengetahui penyebab putusnya kabel serat optik itu. Pasalnya, kabel yang terputus itu terletak di kedalaman 2.700 meter di bawah permukaan laut.
“Saat ini yang Telkom sudah lakukan adalah melakukan rencana darurat C. Karena kami sendiri mengalami blackout, maka dilakukan rerouting menggunakan radio PRT dari Jayapura mebuju Merauke, dengan kapasitas sebesar 300 Mbps,” ujar Sugeng.
Baca Juga : Phoolan Devi, Penyintas Rudapaksa yang Menjadi Dewi Durga
Ia juga menambahkan, layanan internet dan telepon juga menggunakan satelit, sebesar 90 Mbps. Oleh karena itu, saat ini hanya bisa menggunakan layanan voice dan sms.
Untuk perbaikan kabel tersebut, ia memperkirakan perbaikan kabel yang putus itu membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Karena pada dasarnya harus menyiapkan kapal, dan izin loading material, dan persiapan lainnya.
Sugeng juga berharap bahwa perbaikan kabel tersebut bisa berjalan dengan cepat dan lancar dan berharap masyarakat sabar menunggu.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemerintah Provinsi Papua, Jery A Yudianto menyatakan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan PT Telkom untuk membantu pemulihan layanan internet dan telepon di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Sarmi. Jery meminta masyarakat bersabar menunggu perbaikan itu.