Kabupaten Asmat Bersiap Menjadi Destinasi Pariwisata Dunia
Beritapapua.id - Kabupaten Asmat Bersiap Menjadi Destinasi Pariwisata Dunia - Indoplaces

Kabupaten Asmat Bersiap Menjadi Destinasi Pariwisata Dunia – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat, Provinsi Papua optimis untuk menjadikan Asmat sebagai salah satu destinasi pariwisata berkelas dunia. Salah satunya adalah lewat pembangunan infrastruktur perhubungan.

Melansir dari Antara, Bupati Asmat, Elisa Kambu menyebutkan guna mendukung rencana Asmat menjadi salah satu tujuan pariwisata dunia. Maka dalam beberapa tahun terakhir Bandara Ewer terus dikembangkan sehingga nantinya bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis ATR.

“Sebetulnya ada banyak wisatawan yang mau datang ke Asmat, namun selama ini salah satu kendala utama yaitu masalah kesulitan transportasi. Pengembangan Bandara Ewer sangat penting untuk menunjang peningkatan arus kunjungan wisatawan ke Asmat,” Jelas Bupati Asmat.

Bupati Asmat berharap lewat pengembangan Bandara Ewer ini dapat mendongkrak arus kunjungan wisatawan ke Asmat baik domestik maupun manca negara.

“Sudah tentu kalau pesawat ATR sudah bisa dioperasikan secara rutin ke Bandara Ewer Asmat maka orang akan datang terus ke Asmat karena Asmat sudah cukup mendunia. Tentu perekonomian akan berkembang seperti aktivitas perdagangan, kuliner, perhotelan dan sebagainya,” kata Elisa Kambu.

Setelah wilayah Asmat resmi berdiri sendiri sebagai kabupaten definitif pada tahun 2000an. Pemerintah daerah akhirnya mulai berupaya meningkatkan kapasitas Bandara Ewer hingga bisa menunjang pendaratan bagi pesawat jenis twin otter. Pengembangan Bandara Ewer Asmat menelan anggaran yang tidak sedikit, yakni mencapai ratusan miliar. Anggaran itu bersumber dari APBD Kabupaten Asmat, bantuan dari Pemprov Papua, serta Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan.

Bandara Ewer Asmat telah dioperasikan sejak tahun 1960-an. Yang mana pada awalnya pegunaannya untuk menunjang pelayanan misionaris pada wilayah Asmat. Pada awal penggunaannya, panjang landas pacu (runway) Bandara Ewer hanya sepanjang 600 meter. Dengan hanya  menggunakan lantai berupa tikar baja.

Saat ini landas pacu Bandara Ewer sudah sepanjang 1.650 meter dengan lebar 30 meter. Dan telah memiliki Fire Fighting Kategori IV (kendaraan pemadam kebakaran). Selain itu berbagai fasilitas penunjang lain masih dalam proses pembangunan, seperti gedung terminal penumpang dan perluasan lahan parkir pesawat.

Adapun beberapa maskapai komersial sedang mengajukan aproving flight menggunakan pesawat ATR-42 ke Bandara Ewer. Yakni maskapai Wings Air dan Trigana Air Service dengan kapasitas lebih dari 40 tempat duduk penumpang.

Baca Juga: Budi Hartono Menyurati Jokowi Soal PSBB

Potensi Pariwisata Kabupaten Asmat

Kabupaten Asmat Bersiap Menjadi Destinasi Pariwisata Dunia
Beritapapua.id – Kabupaten Asmat Bersiap Menjadi Destinasi Pariwisata Dunia – Pemkab Asmat

Wilayah Asmat terkenal ke seantero dunia akan seni ukir pahat patung Asmat yang Otentik dan Tradisional. Selain itu, daerah ini juga memiliki aneka pesona wisata alamnya yang masih asri. Hal inilah yang menjadi aset untuk menarik kunjungan wisatawan ke kabupaten yang terletak pada pesisir selatan Pulau Papua ini.

Secara topografis wilayah Asmat didominasi atas rawa-rawa dengan sungai yang lebar-lebar. Sehingga tidak memungkinkan untuk membangun akses jalan darat pada wilayahnya. Namun hal itulah yang justru menyimpan keunikan tersendiri pada Kabupaten Asmat ini.

Menurut Bupati Elisa Kambu, potensi pariwisata Asmat selama ini menjadi roh utama menggerakan roda perekonomian masyarakat setempat, setelah potensi perikanan. Karenanya dengan membuka akses perhubungan yang semakin mudah dan memadai maka pergerakan roda perekonomian masyarakat semakin maju.