Kabupaten Jayapura Menghabiskan 700-800 Dosis Vaksin Setiap Hari
Salah satu WNA yang menerima suntikan vaksin COVID-19 di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Papua (foto : jubi.co.id)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengaku setiap harinya dapat menggunakan 700 hingga 800 dosis vaksin covid-19 dalam melakukan vaksinasi di Kabupaten Jayapura. Vaksinasi tersebut terlaksana di 24 fasilitas kesehatan di Kabupaten Jayapura.

Khairul mengatakan, pihaknya telah menerima kiriman 18.943 dosis vaksin covid-19. Dan telah menggunakan vaksin sejumlah 16.516 dosis hingga hari Minggu (25/4/2021) kemarin. Untuk jumlah dosis yang tersisa adalah 2.416 dosis.

“Secara keseluruhan vaksinasi tahap pertama sudah mencapai 10.227 dosis dan tahap kedua mencapai 5.727 dosis,” ujar Khairul saat di hubungi di Sentani. Selasa (27/4/2021).
Ia menambahkan, ada data penggunaan vaksin covid-19 yang belum masuk ke pusat informasi, khususnya vaksinasi bagi Warga Negara Asing (WNA).

Dinas Jayapura Telah Memberikan 11 Dosis Vaksin Kepada WNA

Hal itu terjadi karena aplikasi data vaksin belum bisa menginput pemberian vaksin bagi WNA. Namun ia juga mengatakan, pihaknya mencatat telah memberikan 11 dosis vaksin covid-19 kepada WNA.

Baca Juga : Bandara Aminggaru Ilaga Kembali Beroperasi Secara Normal

Dengan penggunaan vaksin covid-19 rata-rata 700 dosis per hari, Khairul mengakui sisa 2.416 dosis di Kabupaten Jayapura akan segera habis. Oleh karena itu ia menyatakan permintaan penambahan vaksin, dan berharap pasokan baru vaksin covid-19 pada awal Mei.

“Sasaran kita masih kepada mereka yang lanjut usia. Akan tetapi, masyarakat umum bisa mendatangi setiap fasilitas pelayanan vaksinasi di 19 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura,” kata Khairul.

Secara terpisah, Direktur RSUD Yowari Kabupaten Jayapura, Petronela Risamasu mengatakan warga Kabupaten Jayapura antusias untuk menerima suntikan vaksin covid-19.

Hal itu yang sebutkan karena menurutnya, masyarakat selalu memadati RSUD Yowari saat melakukan pelayanan vaksinasi.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, dalam waktu dekat Kabupaten Jayapura akan menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Oleh sebab itu setiap warga masyarakat harus melakukan vaksinasi sebelum penyelenggaraan PON XX Papua mulai.

Awoitauw menyatakan para petugas atau vaksinator harus lebih giat melakukan sosialisasi dan vaksinasi COVID-19. ” Ribuan atlit dan ofisial akan ada disini selama pelaksanaan PON XX Papua. Masyarakat sudah harus divaksin sebelum pelaksanaan iven nasional itu, apalagi mereka yang tinggal dekat dengan venue PON XXPapua,” kata Awoitauw.