Kabupaten Mimika Pastikan Siap Untuk Menggelar PON XX
beritapapua.id - Peralatan biliar sudah terpasang di venue PON Papua XX 2021 di Mimika. (foto : Diskominfo Papua)

Kabupaten Mimika pastikan kesiapan mereka untuk menggelar perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober mendatang.

Sekda Kabupaten Mimika, Michael Gomar mengatakan kesiapan pihaknya untuk menjadi tuan rumah perhelatan PON XX sudah sangat siap.

Ia mengatakan hal tersebut saat menghadiri Forum Merdeka Barat (FMB) bersama Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta, Djamhuron Wibowo dan Duta PON XX, Boaz Solossa beberapa hari lalu.

Ia mengatakan bahwa pihaknya kini sudah siap untuk melaksanakan perhelatan PON XX dan persiapan sudah matang menjadi tuan rumah.

Gomar memaparkan pihaknya sudah menyiapkan akomodasi dan juga bidang lainnya untuk menyambut para kontingen yang akan bertanding di klaster Mimika.

“Akomodasi kita sudah sangat siap sekali, mulai dari hotel dan juga beberapa asrama yang sudah kita lakukan renovasi. Semua sudah tersedia sehingga sangat memenuhi standar untuk peserta yang akan hadir,” kata Gomar dalam diskusi tersebut, Selasa (3/8/2021).

Untuk pengadaan peralatan di venue-venue, Gomar mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Panitia Besar PON XX.

Gomar menjelaskan bahwa peralatan venue biliar yang PB PON siapkan dengan meja biliar berstandar internasional pun sudah terpasang dan siap. Hanya saja ada beberapa yang venue masih dalam tahap renovasi seperti venue atletik, untuk warming up-nya dalam tahap pengerjaan.

Sementara untuk venue futsal, ia mengatakan masih ada perbaikan sedikit berdasarkan standar penilaian dari TD. Dan venue-venue lainnya ia menuturkan hanya tinggal menunggu peralatan dan akan melakukan over lay penataan kawasan terhadap 12 cabor nantinya.

Terdapat Spot Wisata Bagi Para Pengunjung PON XX

Pemerintah Kabupaten Mimika juga sudah menyiapkan spot-spot wisata bagi para pengunjung yang akan berdatangan pada saat pelaksanaan PON XX.

“Kita sudah siapkan spot wisata untuk para pengunjung maupun kontingen yang akan datang ke sini, salah satunya ada wisata hutan mangrove. Mudah-mudahan bisa dinikmati sambil mereka bisa berkunjung untuk menyaksikan PON XX,” ujarnya.

Baca Juga : Batal Terapkan Lockdown, Papua Akan Menerapkan PPKM Level 4

Namun, sampai saat ini Sub PB PON Mimika masih menunggu informasi dari PB PON Mimika terkait pembagian tugas bidang konsumsi.

“Untuk konsumsi masih menunggu informasi dari PB PON agar bisa segera dikomunikasikan dan dikoordinasikan tentang pembagian tugas dalam pelayanan terhadap para peserta yang hadir agar bisa terpenuhi pada pelaksanaan PON,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Djamhuron Wibowo juga dalam diskusi tersebut mengatakan bahwa para atletnya tetap melakukan pemantapan persiapan menjelang PON XX, meskipun situasi di tengah pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa pandemi Covid-19 jangan jadikan penghalang untuk persiapan atlet DKI Jakarta dalam mengikuti PON XX.