Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua Barat, Taufiqurrakhman ‘ngopi bareng’ bersama Kepala Ombudsman Papua Barat, Musa Y Sombuk beserta jajaran, Sabtu (28/01/2023) malam.

Oborolan santai tersebut membahas beberapa evaluasi kinerja pelayanan publik Tahun 2022, khususnya di jajaran Kemenkumham Papua Barat.

“Tentu dengan obrolan tadi kita dapat banyak masukkan positif untuk perbaikan yang lebih dioptimalkan dalam rangka mewujudkan Resolusi Kemenkumham Tahun 2023,” ujar Kakanwil Kemenkumham Papua Barat.

Di penghujung 2022 lalu, Kemenkumham telah mendeklarasikan Resolusi 2023.

“Resolusi itu yakni Mewujudkan Kementerian Hukum dan HAM yang semakin PASTI dan berAKHLAK dengan bekerja secara cepat, tepat, ikhlas dan hasilnya akuntabel,” katanya.

Ia yakin, kolaborasi dengan Kepala Ombudsman Papua Barat dapat memberikan penguatan dan melakukan pengawasan atau monitoring kinerja pelayanan publik pada satuan kerja (satker) jajaran Kemenkumham Papua Barat.

“Ini merupakan komitmen bersama dalam memberikan pelayan prima kepada masyarakat,” kata Taufiqurrakhman.

“Hal ini sejalan dengan telah dicanangkannya Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di seluruh satuan kerja Kemenkumham Papua Barat,” imbuhnya.

Dikatakan, pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat tentu harus didukung dengan tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional.

Selain itu, ditegaskan, disiplin tinggi juga sangat diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut.
“Maka dari itu, penguatan dan peningkatan kapasitas diri pada pegawai di jajaran Kemenkumham Papua Barat khususnya kepada putra daerah Papua Barat harus bisa ditingkatkan sehingga lebih siap berkompetisi dan meraih prestasi,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ngopi bareng ini menjadi bagian dari strategi komunikasi informal yang efektif.
“Ini untuk memupuk sinergitas antarinstansi dan menumbuhkan inspirasi buah pikir efisien dan tepat sasaran,” katanya.