Kandungan Pada Kopi, Vitamin Apa Saja Sih?
Kandungan Pada Kopi, Vitamin Apa Saja Sih?

Kandungan Pada Kopi, Vitamin Apa Saja Sih? – Banyak yang menggandrungi minuman satu ini. Meski identik dengan bapak-bapak, tak sedikit anak muda yang juga menenggakknya. Laki-laki maupun perempuan, keduanya sama-sama suka minuman satu ini.

Salah satu efek yang mereka cari dari kopi adalah kemampuannya untuk menahan kantuk. Biasanya, minuman ini selalu ada kala menemani seseorang untuk terjaga saat malam hari. Baik untuk bekerja atau mengerjakan tugas dari sekolah.

Terlepas dari efek tersebut, tahukah Anda bahwa secangkir kopi mengandung vitamin? Apakah benar kopi mengandung vitamin? Eits, Jangan salah. Minuman pahit satu ini punya vitamin juga, lho.

Secangkir kopi tanpa gula kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Mengutip dari alodokter, berikut kandungan pada kopi:

Baca juga: Kopi Papua yang Kaya Rasa

  1. Riboflavin (vitamin B2)
  2. Asam pantotenat (vitamin B5)
  3. Niacin (vitamin B3)
  4. Mangan
  5. Kalium

Setidaknya, ada 3 vitamin yang terkandung padanya, yakni vitamin B2, B3, dan B5. Ketiga kandungan tersebut ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, lho. Misalnya, mampu meningkatkan performa otak dan mencegah migrain.

Yuk tengok lebih banyak manfaat ketiga zat tersebut:

Baca juga: Perkebunan Kopi di Papua sebagai Destinasi Wisata

1. Manfaat Vitamin B2: Mencegah Migrain dan Anemia

Jangan salah, vitamin B2 memiliki segudang manfaat, lho. Vitamin ini adalah salah satu dari delapan vitamin B kompleks yang berguna menjalankan fungsi sel secara normal. Kemudian, zat ini merupakan sumber energi bagi otot.

Adapun manfaat dari vitamin B2 antara lain: mencegah katarak, mencegah migrain, mengatasi anemia, menjaga kesehatan kulit, dan membantu pembentukan energi.

2. Manfaat Vitamin B3: Meningkatkan performa Otak

Ini dia vitamin yang cocok bagi orang yang sedang belajar. Vitamin B3 terbukti mampu meningkatkan performa otak. Sederhananya, otak membutuhkan niacin agar dapat beroperasi secara maksimal dan kopi memberikannya.

Tak ayal, kopi menjadi teman yang tepat untuk bekerja dan belajar. Namun, itu bukan satu-satunya manfaat vitamin B3. Adapun manfaat lainnya adalah mengendalikan kolesterol, menurunkan kadar trigliserida, dan menjaga kulit.

3. Manfaat Vitamin B5: Mengoptimalkan Pembentukan Energi

Inilah vitamin yang mampu membuat kopi sebagai minuman diet. Vitamin B5 mampu menunjang pengubahan karbohidrat menjadi energi. Kemudian, vitamin ini juga mampu mengendalikan kolesterol dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Ada pula manfaat lain dari vitamin B5 adalah menjaga kesehatan otot, kulit dan rambut. Selanjutnya, zat ini juga membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga pencernaan.

Baca juga: Hadapi AFC Cup, Pelatih Persipura Gunakan Metode ‘Gado-gado’

Itu dia berbagai vitamin yang terkandung dalam secangkir kopi. Meski memiliki khasiat yang luar biasa, tetap batasi konsumsinya, ya! Terlalu banyak minum kopi juga tidak baik untuk tubuh. Beberapa alasannya antara lain jantung berdebar, panik, dan menyebabkan masalah pada gigi gusi.

Bahkan dalam kasus ekstrem, terlalu banyak minum kopi dapat membalikkan efek baiknya. Misalnya, terlalu banyak kalsium akan berbahaya bagi tulang. Kemudian, karena jantung terlalu sering berdegup kencang akhirnya berbahaya bagi kesehatannya.

Dengan demikian, tetap jaga batasan, ya!