Kantor Wali Kota Jayapura Menjadi Lokasi Vaksinasi Warga
warga saat menunggu giliran vaksi di Kantor Wali Kota Jayapura (jubi.co.id)

Puluhan warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kantor Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (18/3/2021). Vaksinasi yang Dinas Kesehatan Kota Jayapura adakan melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19, diikuti oleh warga yang bekerja di PT Rajawali Nusindo.

“Secara struktural kami ada 28 orang tapi yang hadir ikut vaksin ada 14 orang, karena yang lain berhalangan, ada juga yang sedang sakit. Ini vaksin pertama,” ujar Marketing PT Rajawali Nusindo, Furkan.

Furkan mengatakan bahwa, untuk bisa mengikuti vaksinasi tersebut, pihaknya memasukkan surat permohonan kesiapan divaksin.

“Kami masukkan surat dari 16 Februari. Satu bulan kami menunggu. Katanya banyak surat permohonan yang masuk untuk divaksin makanya lama prosesnya,” ujar Furkan.

Warga Tidak Ada Gejala dan Mual Setelah Mendapatkan Vaksinasi

Furkan mengaku setelah mendapatkan vaksinasi tidak ada tanda-tanda seperti gejala mual dan pusing. Ia juga bersyukur atas kesempatan yang ia dapatkan.

“Sudah 30 menit setelah saya divaksin biasa saja. Saya merasa nyaman. Saya bersyukur berkesempatan mendapat vaksinasi untuk menjaga kekebalan tubuh supaya tidak mudah terpapar virus korona sehingga saya bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman,” ujar Furkan.

Baca Juga : Cara Membuat Tteokbokki Anti Gagal

Furkan berharap agar warga tidak takut melakukan vaksinasi karena aman. Ia juga berkata vaksinasi artinya kita menjaga diri sendiri, keluarga, dan orang lain agar tidak mudah terpapar virus korona.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan vaksin menambah kekebalan tubuh tidak mudah terpapar virus korona sehingga bisa menurunkan angka penyebaran Covid-19 di ibukota Provinsi Papua tersebut

“Warga yang sudah mendapat vaksinasi, bantu pemerintah dengan melakukan sosialisasi karena Covid-19 ada di tengah-tengah kita. Saya saja mengikuti protokol kesehatan dengan ketat tapi masih juga kena Covid-19,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano menambahkan warga yang sudah melakukan vaksinasi tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Dan tetap melakukan 3M seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga iman dan imun, serta menerapkan pola hidup sehat.

“Kunci untuk melawan Covid-19 hanya dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Tomi Mano.