Kapal Bermuatan BBM PLN Hilang Kontak di Timika-Asmat
beritapapua.id - Pencarian kapal hilang kontak di perairan Timika-Asmat. (foto: istimewa)

KM. Kalimas 4, kapal bermuatan BBM PLN Asmat dilaporkan hilang kontak di perairan Timika – Asmat.

Kantor Pencarian Pertolongan Timika dalam keterangan persnya mengatakan, KM. Kalimas 4 hilang kontak pada Minggu 12 Desember 2021.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Georje L M Randang melalui Ksb. Ops SAR Timika mengatakan bahwa KM. Kalimas 4 sudah hilang kontak sejak Minggu (12/12/21) kemarin.

“Pada Minggu (12/12) Pukul 05.00 WIT KM. Kalimas 4, dengan crew kapal 6 orang yang memuat BBM untuk PLN Kabupaten Asmat mengalami hilang kontak,” ujarnya melalui Ksb. Ops SAR Timika, Selasa (14/12/2021).

Menurut jadwal yang ada Kapal KM. Kalimas 4 seharusnya tiba di Asmat pada, pukul 17.00 WIT atau 12 jam setelah keberangkatan.

Belum Mengetahui Keberadaan Kapal

Petugas siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika hingga kini juga masih belum mengetahui tentang keberadaan kapal tersebut.

Kantor Pencarian Dan Pertolongan Timika setelah melakukan koordinasi dan pendalam informasi langsung memberangkatkan tim SAR gabungan dari Kantor Pencarian dan pertolongan Timika POS SAR Asmat yang terdiri dari personil rescuer pos SAR Asmat, TNI AL, Pol Airud dan Rapi menggunakan RIB 85 PK SAR Asmat Milik Basarnas dengan melakukan penyisiran dari Asmat hingga Pulau Tiga.

Baca Juga: Kabid Perlindungan Anak dan KB Puncak Serahkan 8 Unit Motor

Tak hanya itu, tim SAR gabungan juga diberangkatkan dari Timika yang terdiri dari personil rescuer kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, TNI AL dan Pol Airud menggunakan Kapal RB ( Rescue boat Timika) milik Basarnas dengan rencana pencarian melakukan penyisiran dari perairan Pomako ke arah Pulau Tiga dengan haluan bagian terluar dari jalur pelayaran rutin masyarakat Timika-Asmat.

Pada pencarian hari pertama, tidak ada membuahkan hasil apa-apa, dan pencarian sendiri akan kembali untuk dilanjutkan pada, (Rabu,15/12/2021) pukul 06:00 WIT.

Nama-nama crew kapal KM. Kalimas 4:

  1. Ansar (Capt Kapal)
  2. Ruslan (ABK)
  3. Supliansyah (ABK)
  4. Nikmat (ABK)
  5. Haswan (ABK)
  6. Mirzan (ABK)

“Ops SAR Gabungan ini yang menggunakan Alut Laut kita maksimalkan, kita harapkan jika semakin banyak aset atau unsur yang bergerak mencari, maka potensi untuk ditemukan semakin besar tentunya,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa pencarian kapal ini juga akan menyesuaikan dengan situasi cuaca di wilayah tersebut.

“Kami dari unsur SAR gabungan menyesuaikan dengan situasi cuaca di lapangan, kami juga berharap jika ada masyarakat yang beraktifitas dilaut yang melihat keberadaan kapal atau para crew tersebut agar dapat melaporkan ke Basarnas,” tambahnya.