Kapal dr Soeharso-990 Beri Oksigen Gratis dan Vaksinasi di Sorong
beritapapua.id - KRI Dr Soeharso 990 merupakan salah satu KRI yang dilibatkan dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 dan menyalurkan oksigen gratis bagi masyarakat. (Dok. TNI)

KRI dr Soeharso-990 menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 dan menyalurkan oksigen gratis bagi masyarakat Kota Sorong dan sekitarnya. Kegiatan tersebut berlangsung di pelabuhan umum Pelindo Kota Sorong pada, Rabu (22/09/21) kemarin.

Pada kegiatan tersebut hadir Kapoksahli Koarmada III Laksma TNI Endra Sulistiyono SE MM untuk meninjau kegiatan tersebut. Ia pun hadir bersama Danlantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani SE MSi MTr Opsla, dan Danpasmar-3 Brigjen TNI (Mar) Y Rudy Sulistyanto.

Tenaga kesehatan dari Koarmada III, Lantamal XIV, Pasmar-3 dan Anggota KRI Soeharso-990 juga turut membantu berlangsungnya kegiatan vaksinasi. Jenis vaksin pada kegiatan vaksinasi tersebut adalah Sinovac, AstraZeneca dan Sinopharm tahap pertama maupun kedua.

Bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin, bisa melaksanakan vaksin tahap pertama. Adapun yang ingin melanjutkan vaksin tahap kedua bisa melaksanakan vaksin tahap dua dengan vaksin jenis sama.

“Kedatangan KRI Soeharso ini, dalam rangka melaksanakan bakti sosial, melaksanakan pelayanan kesehatan dalam bentuk vaksinasi dan mendukung pengisian tabung oksigen secara gratis,” kata Danlantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani dikutip dari web resmi TNI pada Rabu (22/09/21).

Sebelumnya KRI Soeharso juga telah mengadakan kegiatan tersebut di Jayapura selama 1 pekan. Misinya melaksanakan kegiatan yang sama yaitu vaksinasi dan pengisian tabung oksigen gratis.

Pelaksanaan Vaksinasi Berlangsung Selama Dua Hari

Imam juga menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi yang ada di Sorong akan terlaksana selama dua hari. Untuk itu masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi bisa datang dan mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut.

“KRI Soeharso berada di Sorong ini mulai kemarin, hari ini kegiatan vaksinasi dilaksanakan selama 2 hari,” ujar Imam.

Baca Juga: Kembangkan Ekosistem Bisnis, PJB Tandatangani MoU dengan Petrotekno

Ia mengatakan pengisian oksigen akan terlaksana sampai tanggal 27 September 2021. Kegiatan bakti sosial sesuai perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksmana TNI Yudo Margono SE MM.

Imam juga menjelaskan bahwa KRI Soeharsi akan melayani pengisian oksigen selama 24 jam. Karenanya ia mengatakan jika ada masyarakat atau rumah sakit serta puskesmas membutuhkan pengisian oksigen KRI Soeharso akan siap melayani.

“Jadi bagi masyarakat, rumah sakit maupun puskesmas-puskesmas yang membutuhkan pengisian oksigen bisa datang ke KRI Soeharso yang akan melayani selama 24 jam,” ucap Imam.