Kapolda Jambi Lepas 400 Personel Untuk Bertugas ke Papua
beritapapua.id - Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo (kiri). (Foto: Istimewa)

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo melakukan pelepasan kepada 400 personel Satuan Tugas (Satgas) Organik Yonif Raider 142/Kesatria Jaya (KJ) yang akan bertugas di Provinsi Papua.

Upacara Pemberangkatan Satgas Organik berlangsung di Mayonif Raider 142/KJ, kawasan Kasang, Jambi Timur, Kota Jambi, Rabu (16/3/2022).

Dalam arahannya, Kapolda mengingatkan anggota untuk waspada terhadap empat ancaman yang bisa para prajurit TNI hadapi dalam penugasan di Papua. Termasuk juga peran aparat untuk menjaga masyarakat.

“Pertama, keselamatan nyawa saudara-saudara dan rakyat Papua yang harus dilindungi,” ujar Rachmad, Rabu (16/3/2022). Kapolda yakin akan kemampuan taktis dan teknis yang dimiliki anggota selama bertugas di Papua.

“Laksanakan secara terukur karena akan berpengaruh kepada ancaman lainnya,” katanya. Kedua yakni ancaman politik. Mereka ingin memperjuangkan perpisahan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ketiga media sosial yang sangat berpengaruh. Saat ini, selain eksekutif, legislatif dan yudikatif, dengan kemajuan teknologi informasi sekarang media sudah menjadi kontributor dan ini perlu diwaspadai,” ucapnya.

Kapolda juga meminta kepada anggota yang bertugas selalu mengamati anggota lainnya yang melakukan kegiatan. Bila anggota melakukan hal-hal yang kontraproduktif, hal itu bisa menjadi ancaman diplomasi. Kapolda tidak ingin ancaman diplomasi membuat rasa tak adil terhadap rakyat Papua.

“Jadi kalian harus menunjukkan kita memperlakukan saudara kita di Papua sama dengan yang lainnya,” tuturnya.

Selalu Tingkatkan Iman dan Taqwa Kala Bertugas

Kapolda juga berharap kepada prajurit agar tetap tingkatkan iman dan taqwa selama masa tugas. Dia juga mendoakan agar prajurit bisa berkumpul kembali bersama keluarga.

“Semoga kembali dengan keadaan selamat dan tugas mulia ini berjalan lancar dan dalam lindungan Allah ta’ala,” katanya.

Baca Juga: Demo Tolak DOB di Yahukimo Berakhir Ricuh, Dua Orang Tewas

Sementara Danrem 042/Garuda Putih (Gapu) Brigjen TNI Supriono sangat berterima kasih kepada Kapolda Jambi yang telah memberikan motivasi kepada prajurit.

“Bisa mengamankan diri, kesatuan dan bisa menjaga masyarakat Papua dengan baik,” katanya berpesan kepada ratusan anggota Satgas.

Danrem juga menyampaikan harapannya agar 400 prajurit yang berangkat ke Papua bisa kembali dari tugas nantinya ke Jambi dengan selamat tanpa kekurangan suatu apapun.