Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Sambut Baik KONAS GMKI 2022 di Papua
beritapapua.id - Kapolda Sambut Baik Penyelenggaraan KONAS GMKI 2022 di Papua. (Foto: Pikiran rakyat)

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, menyambut baik penyelenggaraan Konsultasi Nasional (KONAS) GMKI 2022 yang terlaksana di Papua. Terlebih penyelenggara ini adalah Pengurus Pusat (PP) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), di Tanah Papua.

Hal ini Irjen Pol Mathius ungkapkan, saat menerima kunjungan Panitia KONAS GMKI 2022, saat mereka menyambangi Mapolda Papua, di Jl. Sam Ratulangi No. 8, Kota Jayapura, Papua.

Sekretaris Umum Panitia KONAS GMKI 2022, Christian Sohilait mengatakan, pihaknya bertemu Kapolda Papua guna menyampaikan terkait agenda pelaksanakan KONAS GMKI 2022 di Papua, 23-27 Agustus mendatang.

“Ya, tadi kami bertemu Kapolda Papua, dan kami telah menyampaikan terkait pelaksanaan KONAS GMKI 2022 di Papua. Kapolda sangat mendukung,” ujar Sekretaris Umum Panitia KONAS GMKI 2022, Christian Sohilait, Selasa 5 April 2022, di Jayapura.

Baca Juga: Bupati Merauke Serahkan 500 Unit Handphone Android Kepada Pelajar di Merauke

Ia mengatakan bahwa Kapolda Papua memesankan empat hal kepada pihaknya, dalam momentum penyelenggaraan KONAS GMKI 2022 di Papua.

Empat Pesan Kapolda Papua

Berikut empat hal pesan Kapolda Papua, berkaitan dengan pelaksanaan KONAS GMKI 2022 di Papua.

  • Pertama, Kapolda Papua menyambut baik penyelenggaraan KONAS GMKI 2022 di Papua.
  • Kedua, Kapolda Papua siap menjadi narasumber dalam pelaksanaan KONAS GMKI 2022 di Papua, dengan menyampaikan materi terhadap generasi muda dalam pengembangan SDM mereka, bukan penyampaian soal aspek keamanan di Papua.
  • Ketiga, GMKI menurut Kapolda Papua adalah anak kandung gereja, dan selama ini dalam pengematan Kapolda Papua gereja sering berpolimik dan berbeda pendapat, sehingga GMKI harus ambil peran dalam situasi itu.
  • Keempat, Pemilihan Papua sebagai tuan rumah KONAS GMKI 2022 sangatlah tepat, dimana dinamika dan perkembangan Papua hari ini, perlu juga mendapat kontribusi pikiran dan masukan dari daerah lain, karena Papua masih bagian dari Indonesia.

Sekedar informasi, Panitia KONAS GMKI 2022 di Papua, yang bertemu Kapolda Papua itu, yakni, Ketua Umum Panitia, Benyamin Arisoy, SE, M.Si. Sekretaris Umum Panitia KONAS GMKI 2022, Christian Sohilait, ST, M.Si, Ketua Panitia Pengarah, Drs. Elia Loupatty, MM, Sekretaris Panitia Pengarah, Drs. Victor Pekpekai,. M.Si, Koordinator Seksi Acara dan Persidangan, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si, dan Koordinator Seksi Keamanan, Petrus Mambay, S.Pd.