Kapolda Papua Jamin Keamanan Atlet Selama Pelaksanaan PON XX
beritappaua.id - Kapolda Papua, Brigjen Mathius D. Fakiri, saat memberikan keterangan pers (17/9/2021). (foto: jubi)

Kapolda Papua, Brigjen Mathius D. Fakiri, menyatakan Papua aman dan kondusif serta jaminan keamanan dan keselamatan para atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih, 2-15 Oktober 2021.

Karenanya ia mengatakan untuk pada kontingen yang hadir pada perhelatan PON XX di Papua nanti tidak perlu khawatir.

Hal ini ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Merauke pada, Jumat (17/9/2021) kemarin.

“Saya menyuarakan bahwa Papua dalam keadaan aman dan kondusif. Raihlah prestasi dalam hajatan PON XX. Kami memberikan jaminan keamanan serta keselamatan bagi semua orang,” kata Brigjen Mathius D. Fakiri.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa siapa saja boleh datang ke Bumi Cenderawasih, terutama atlet mapun official dari berbagai daerah di Indonesia.

Khusus untuk Kabupaten Merauke yang menjadi salah satu klaster untuk pelaksaan PON XX, kapolda sangat meyakini kalau Kota Rusa dalam situasi akan terus aman dari waktu ke waktu. Dan ia menegaskan Kabupaten Merauke dari dulu hingga saat ini kondisi wilayah itu sangat kondusif.

“Saya tahu kalau dari dulu, kondusif Kabupaten Merauke sangat. Orang boleh datang dan tinggal sekaligus melakukan berbagai aktivitas sehari-hari,” katanya.

Pemerintah dan Masyarakat Merauke Terima Semua Tamu Yang Hadir

Sementara itu, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, pada kesempatan yang sama mengatakan pemerintah, forkopimda, serta masyarakat Merauke menyambut baik kepada siapa saja yang datang. Dan keamanan di wilayah itu ia juga mengatakan sangat terjamin dan situasi saat ini juga sangat kondusif.

Baca Juga: Kontak Senjata dengan TNI-Polri, Satu Anggota KKB Tewas

Ia mengatakan bahwa tamu yang hadir ke wilayah Kabupaten Merauke dalam pelaksanaan PON XX di Papua bisa menganggap wilayah tersebut sebagai rumahnya sendiri.
“Sejak menginjakkan kaki di Bumi Anim Ha, anda sama saja tinggal dalam rumah sendiri,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengatakan agar semua kontingen yang akan ke Merauke, tak perlu merasa takut karena kondisi di wilayah tersebut selalu aman dan kondusif.
“Situasi di sini selalu aman-kondusif. Silakan bertanding dan meraih sukses dalam event PON XX,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar semua pelaksanaan pertandingan yang bergulir di Klaster Merauke semua bisa berjalan dan lancar. Dan semua seluruh acara terkait dengan PON XX juga bisa berjalan lancar.