Kapolda Papua Minta Adanya Percepatan Vaksinasi di 6 Kabupaten Papua
beritapapua.id - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (foto: topikpapua)

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri meminta adanya percepatan vaksinasi di enam kabupaten di Papua selain Kota dan Kabupaten Jayapura. Nantinya enam kabupaten tersebut menjadi klaster transit dalam percepatan vaksinasi di Papua.

Adapun enam kabupaten tambahan di Papua selaku menjadi tempat transit yaitu, Nabire, Biak, Serui, Sarmi, Boven Digoel dan Jayawijaya.

Enam kabupaten tersebut kata Kapolda Fakhiri selama ini menjadi tempat transit warga lokal di Papua baik dari pesisir maupun pegunungan. Untuk itu ia berharap percepatan vaksinasi bisa berjalan secara maksimal karena wilayah tersebut menjadi titik singgah warga.

“Ini saya minta untuk dilakukan percepatan vaksinasi, bekerja maksimal karena masyarakat di semua titik atau daerah di Papua pasti singgah di situ,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri kepada wartawan di Mapolda Papua, Selasa (04/01/2021) siang.

Mathius Fakhiri menegaskan bahwa Polisi juga melakukan berbagai inovasi untuk menarik masyarakat agar mau mengikuti program vaksinasinasi. Karena menurutnya dengan melakukan hal tersebut minat warga untuk mengikuti vaksinasi akan meningkat.

Memberikan Sosailisasi Vaksinasi

Kapolda Papua juga mengatakan bahwa hal terpenting saat ini juga adalah terus memberikan sosialisasi kepada warga yang tidak mau mengikuti vaksinasi. Dengan upaya-upaya tersebut ia harap masyarakat akan menjadi mau untuk mengikuti vaksinasi.

Menurutnya vaksinasi di Papua juga memang harus bisa sesegera mungkin untuk di percepatan. Pasalnya varian baru Omicron sudah masuk di wilayah Indonesia dan dengan vaksinasi tersebut bisa meningkatkan imunitas warga.

Baca Juga: TNI/Polri Kembali Menggelar Gebyar Percepatan Vaksin di Jayawijaya

“Apa lagi sekarang ada varian Omicron, memang belum ada di Papua tapi kita harapkan percepatan vaksinasi meningkatan kekebalan warga di Papua,” ujarnya.

Ia juga meminta seluruh warga untuk tetap mewaspadai adanya varian Omicron.

Selain itu, Kapolda Fakhiri juga mengatakan bersama Satgas Covid-19 ia telah memerintahkan kapolres jajaran untuk melakukan tracking ketat kepada setiap penumang kapal putih yang masuk di pelabuhan se Papua.

“Semua kapolres jajaran saya minta untuk melakukan tracking ketat agar tak ada perkembangan lain terkait Covid di Papua,” katanya lagi