Kapolda Papua Pimpin Kegiatan Pembukaan Vaksinasi Covid-19
rjen Pol. Mathius D Fakhiri didampingi Wakapolda Papua menjalani pemeriksan kesehatan (foto:ceposonline.com)

Bertempat Aula Rupatama Polda Papua, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.IK di dampingi Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto S.IK., M.Si dan Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol dr. Nariyana M.Kes telah melaksanakan kegiatan pembukaan vaksinasi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Jeremias Rontini S.IK, Pejabat Utama Polda Papua, perwakilan masing-masing Satker Polda Papua.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah guna memberikan Vaksin Covid-19 pada PNPP di Polda Papua dan jajaran untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi sudah mulai sejak 19 Januari 2021 s.d selesai. Dan vaksinasi dimulai dari RS. Bhayangkara Jayapura serta target jumlah personel 11.493 ditambah BKO Polda Papua.

Baca Juga : Asosiasi Bupati Meepago : Harus Terima Putusan MK Dengan Bijak

Vaksinasi ini bisa terselenggara berkat kerjasama dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten Seprovinsi Papua dan Kapolres beserta jajaran Polda Papua.

Adapun tempat-tempat pelaksanaan vaksinasi berada di Mapolda Papua, Biddokkes Polda Papua, RS. Bhayangkara Jayapura dan Urkes jajaran Polda Papua (Poliklinik Polres). Untuk anggaran sendiri menggunakan anggaran dipa Biddokkes Polda Papua.

Kapolda Papua Dukung Semua Kegiatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19

Kabid Dokkes Polda Papua mengatakan, pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat. Ia mengatakan harus selalu berikhtiar serta bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan dan permasalahan ekonomi.

Sampai bulan Maret 2021 data anggota Polri serta ASN di Polda Papua yang berstatus kontak erat sebanyak 836 anggota, suspect 135 anggota dan terkonfirmasi Covid-19 234 personel, dan data meninggal karena covid-19 sebanyak 7 personel.

Berbagai inovasi dan peraturan pemerintah keluar untuk mengontrol dan menekan penyebaran Covid-19. Seperti halnya melakukan vaksinasi ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah maupun pusat untuk mengurangi angka penyebaran.

“Maka saya sebagai Kapolda Papua akan selalu mendukung semua kegiatan yang berhubungan dengan pencegahan dan penanganan Covid-19 dan mewajibkan kepada seluruh anggota Polri dan ASN Polri di wilayah hukum Polda Papua untuk menerima vaksin Covid-19 dan aktif mendukung kegiatan Vaksinasi ini,” Tutupnya.