Atap GOR Waringin Ambruk Karena Cuaca Buruk
beritapapua.id - Tampak depan venue GOR Waringin, Jayapura. (foto: tifanews)

Atap Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kotaraja, berlokasi di jalan raya Kotaraja-Abepura, Kelurahan Vim, Distrik Abepura, pada Minggu (09/01/2022) pagi ambruk. Beruntung dalam kejadian tersebut tak ada korban jiwa.

Sedikit informasi, GOR Waringin merupakan salah satu gedung olahraga yang baru digunakan untuk pelaksanaan perhelatan Pekan Olaharaga Nasional.

Selain itu, pemerintah Kota Jayapura juga menempati Gedung Olahraga Waringin lantai 1 sebagai Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor di Kota Jayapura.

Terkait kejadian tersebut, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH juga telah membenarkan adanya kejadian itu.

Dalam keterangan resminya, Kamal menyebutkan dari kejadian itu tak terdapat korban jiwa dan untuk kerugiaan materiil masih dalam proses pendataan.

Ia juga menjelaskan kejadian tersebut bermula pada pukul 06.30 WIT. Saat itu kondisi cuaca di wilayah tersebut memang cukup buruk.

Kronologi Ambruknya GOR

Kamal menjelaskan bahwa salah seorang saksi atas nama Guntur Nuboba yang sedang berada di Posko Induk Bencana Banjir dan Tanah Longsor Kota Jayapura mendengar bunyi gemuruh di samping GOR Waringin.

Karena mendengar suara tersebut, Guntur lantas menuju ke arah suara dan melihat material tembok penyangga tiang atap GOR Waringin rontok ke lantai dasar (parkiran).

“Sekitar pukul 07.00 WIT, pada saat saksi mengecek runtuhan material tembok penyangga dan membatasi dengan tali. Saat itu, tiba-tiba terdengar bunyi runtuhan yang sangat keras dari lantai 2 GOR Waringin dan setelah di cek ternyata seluruh atap GOR Waringin runtuh ke lantai dua,” jelas Kamal, Minggu (9/1/2022).

Baca Juga: Kawasan Stadion Lukas Enembe Tergenang Air Pada Jumat Pagi

Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Suprapto, Minggu (09/01/2022) juga membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Memang benar pada Minggu pagi, atap GOR Waringin terutama di bagian tengah ambruk,” ujarnya, Minggu (09/01/2022).

Anggota Polsekta Abepura yang menerima laporan dari masyarakat kemudian menuju GOR Waringin dan menangani kejadian itu.

Untuk saat ini Polisi menyebutkan runtuhnya atap Gedung Olahraga Waringin karena angin kencang dan hujan yang deras pada, Sabtu (08/01/2022) malam.

“Kemungkinan tidak kuat menampung air hujan karena ada bagian yang terbuat dari terpal hingga menyebabkan atap bangunan tersebut rubuh,” kata AKBP Suprapto.