Kasus Aktif Covid-19 Kota Jayapura Tersisa Empat Orang
beritapapua.id - Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru. (foto: Tribunnews)

Kasus aktif Covid-19 di wilayah Kota Jayapura kini hanya tersisa empat orang, dan ini merupakan kabar baik untuk pemerintahan Kota Jayapura.

Hal ini seperti yang Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru sampaikan saat memberikan keterangan kepada awak media Taman Makam Pahlawan Trikora Jayapura, Selasa (9/11/2021).

Ia menyebutkan kasus aktif virus Covid-19 di Kota Jayapura saat ini tersisa empat orang. Dan mereka saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit yang ada di wilayah tersebut.

“Dua orang ada di Distrik Jayapura Utara dan dua orang lagi ada Distrik Abepura,” ujar Rustan.

Rustan menjelaskan bahwa empat warga yang sedang menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit mematuhi saran dan imbauan dokter maupun perawat yang ada. Hal ini menunjukan bahwa mereka memiliki niat untuk sembuh dari paparan Covid-19. Dengan begitu perawatan kepada mereka juga bisa berjalan dengan maksimal agar benar-benar sembuh sepenuhnya.

“Warga yang terpapar Covid-19 dan dinyatakan sembuh, semoga membantu pemerintah dalam mensosialisasikan protokol kesehatan, minimal di dalam lingkungan keluarga mereka masing-masing agar tidak terpapar Covid-19,” ujar Rustan.

Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Rustan berharap meski kasus harian Covid-19 semakin berkurang, begitu juga tingkat kesembuhan semakin banyak, warga tetap harus bisa mematuhi protokol kesehatan. Hal ini agar masyarakat tidak terpapar Covid-19 dan bisa melakukan aktivitas dengan lancar.

“Makan makanan sehat dan bergizi, rajin berolahraga, dan menjaga kesehatan. Untuk itu, saya minta tetap patuhi protokol kesehatan,” ujar Rustan.

Baca Juga: Tim Boccia Papua Optimis Raih Medali Emas di Peparnas XVI

Rustan juga menambahkan bahwa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 bisa menghidarkan warga dari paparan Covid-19. Dengan begitu ia minta masyarakat untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan selama menjalani masa isolasi atau perawatan, mereka yang terpapar virusu korona selalu petugas kesehatan.

“Mereka semua menjalani masa isolasi dengan baik. Mereka baik-baik, ramah, dan sopan. Puji Tuhan, tingkat kesembuhan dalam sehari semakin baik, sekarang sisa empat yang dirawat,” ujar Antari.

Antari menambahkah pemulangan masyarakat Indonesia dari Papua Nugini, yang sedang menjalani masa perawatan di Kota Jayapura karena Covid-19 tersisa dua dari empat orang yang terpapar.