Kasus Covid-19 di Kabupaten Jayapura Mencapai 736 Pasien
beritapapua.id - Ilustrasi pasien Covid-19. (Foto: Istimewa)

Hingga saat ini angka pasien positif Covid-19 terus meningkat di Kabupaten Jayapura. Menurut data Covid-19 di Kabupaten Jayapura mencapai 736 orang dan masih mendapatkan perawatan serius oleh petugas medis.

Para pasien Covid-19 saat ini juga sudah mendapatkan perawatan, sebagian lainnya melakukan isolasi mandiri. Beberapa dari mereka yang mengalami gejala berat langsung mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Yowari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie meminta kepada seluruh masyarakat untuk kembali disiplin dalam menjalankan Protokol Kesehatan. Terlebih saat ini terdapat varian baru seperti Omicron dan delta yang proses penularannya sangat cepat.

Ia mengatakan peningkatan angka positif Covid-19 saat ini terbanyak di Distrik Sentani, hampir setiap harinya di atas sepuluh pasien.

“Jadi data dalam grafik saat ini 736 pasien aktif. 14 pasien dirawat di rumah sakit dalam kondisi sedang dan berat, senagian besar isoman dan diawasi tim medis,” ujar Khairul di Sentani, Senin (21/2/2022).

Menurutnya, pada tahun lalu Kabupaten Jayapura telah melakukan yang terbaik terhadap pengawasan peyebaran Covid 19 hingga berada pada angka nol kasus. Hal ini tidak terlepas dari dukungan dan disiplin semua masyarakat untuk melaksanakan prokes dengan baik.

Lie mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih ada dan masih terus berlangsung. Untuk itu ia minta agar masyarakat tidak boleh lengah dan tetap waspada dengan.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat agar mau untuk mengikuti vaksinasi yang telah ada. Karena saat ini pasien yang mengalami gejala berat adalah pasien yang belum mengikuti vaksinasi.

Ia juga menjelaskan bahwa program vaksinasi tersebut terus berjalan demi meningkatkan imunitas warga. Terlebih saat ini vaksinasi di sentra pelayanan kesehatan berfokus kepada anak-anak serta lansia.

Sebagian Besar Masyarakat Sudah Vaksin Kedua

Khairul mengatakan saat ini pihaknya juga berfokus kita di kampung-kampung karena arus keluar masuk orang lebih tinggi dari Kota ke Kampung, dan secara umum masyarakat sebagian besar sudah menjalani tahap kedua vaksinasi.

“Peningkatan angka covid saat ini juga dampak dari aktifitas pesta tahun baru yang rutin digelar setiap tahun di kampung, termasuk mereka yang pulang liburan dari dan ke luar papua melalui bandara dan pelabuhan laut, ” ucapnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Jayapura Batasi Operasi Kapal Pelni

Menanggapi tingginya angka pasien Covid di Kabupaten Jayapura, Bupati Jayapura menegaskan kepada pihak -pihak yang bertugas di sarana transportasi udara dan kelautan agar tidak mudah memberikan surat rapid tes atau PCR swab dengan mudah kepada para pelintas atau mereka yang menggunakan fasilitas transportasi laut maupun udara untuk memasuki satu daerah.

“Sekalipun itu pejabat daerah, dengan mudah mendapatkan surat hasil tes maka akan sulit bagi pemerintah daerah untuk mencegah dan mengawasi penyebaran virus covid yang hingga saat ini masih ada ditengah-tengah kita semua, ” ujarnya.