Kasus Covid-19 di Kota Jayapura Kembali Bertambah, Satu Distrik Zona Merah
beritapapua.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Nyoman Antari. (Foto: Antara)

Setelah sempat tidak ada kasus aktif Covid-19 selama periode 21 Desember 2021 hingga awal Januari 2022 kini kasus Covid-19 di Kota Jayapura kembali bertambah. Bahkan satu distrik di ibukota Provinsi Papua itu kembali menjadi zona merah.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, hingga Jumat (28/1/2022) sebanyak 43 warga yang sudah terpapar. Penambahan kasus tersebut terjadi terjadi dalam kurun waktu selama sepekan.

Akibat dari kembali mewabahnya Covid-19 selama satu bulan di wilayah itu, satu dari lima distrik di ibukota Provinsi Papua kembali berada di zona merah.

Masing-masing dari wilayah tersebut adalah Distrik Jayapura Utara berada di zona merah, dua distrik zona oranye, yaitu Distrik Abepura dan Distrik Jayapura Selatan. Sementara dua distrik masuk ke dalam zona kuning, yaitu Distrik Muara Tami dan Distrik Heram.

“Pemerintah Kota Jayapura bersama Satgas Covid-19 tidak pernah bosan mengimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini demi kebaikan, keselamatan, dan kenyamanan kita semua,” ujar Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, di Jayapura, Sabtu (29/1/2022).

Aktifitas Warga Kembali Terbatas

Menurut Tomi Mano, bila Kota Jayapura kembali berada di zona merah maka aktifitas masyarakat kembali dibatasi termasuk aktifitas perekonomian. Hal ini guna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sekaligus mencegah jatuhnya korban jiwa.

“Kesadaran, kepedulian, tanggung jawab, dan kerja sama kita semua sangat penting melawan pandemi Covid-19. Tanpa ini semua, maka sangat mustahil menghilangkan pandemi ini dari Kota Jayapura. Untuk itu, sangat mengajak warga agar satu hati melawan Covid-19 ini,” ujar Tomi Mano.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari mengatakan, tingkat penyebaran Covid-19 yang berada di zona merah antara 11 orang ke atas, zona kuning 1-5 orang, dan zona oranye dalam sehari warga yang terpapar antara 6-10 orang.

Baca Juga: 330 Ribu Warga di Kota Jayapura Sudah Vaksinasi Covid-19

“Kami harus memperkuat lagi pengawasan protokol kesehatan di masyarakat dengan adanya peningkatan Covid-19 yang semakin hari mulai merangkak naik. Tetap pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, jauhi kerumunan, jaga kesehatan, vaksinasi, mengurangi aktifitas fisik di luar rumah untuk mencegah terpapar Covid-19,” ujar Antari.

Antari menjelaskan bahwa Pemkot Jayapura bersama Satgas Covid-19 memperketat lagi jalur masuk melalui bandar udara dan pelabuhan. Dan setiap warga yang memasuki wilayah Kota Jayapura melalui bandar udara dan pelabuhan wajib melakukan PCR. Hal ini salah satu upaya untuk memutus penyebaran Covid-19 agar tidak semakin bertambah.

Antari menambahkan, dari penambahan kasus Covid-19, kini 17 dari 25 kelurahan berada di zona kuning. Sedangkan delapan kelurahan masih berada di hijau. Sementara 14 kampung tetap berada di zona hijau Covid-19.