Kasus Covid-19 di Manokwari Turun, Bupati Berharap Tetap Jaga Prokes
beritapapua.id - Bupati Manokwari, Hermus Indou. (foto: istimewa)

Saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Manokwari terus menurun dan cakupan vaksinasi juga sudah cukup tinggi dan menerapkan PPKM level I. Namun pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes) terus berjalan demi mencegah adanya kasus baru di wilayah itu.

Pemerintah Kabupaten Manokwari juga bekerja sama dengan Polres Manokwari dan Kodim 1801/Manokwari dalam pengawasan penerapan prokes di wilayah tersebut.

Meski begitu, Bupati Manokwari, Hermus Indou mengatakan bahwa pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan tetap harus berjalan. Hal ini ia katakan agar kasus Covid-19 penyebaran baru di wilayah itu tidak terjadi.

Hermus Indou juga menjelaskan bahwa cakupan vaksinasi di Kabupaten Manokwari sudah mencapai 62 persen untuk dosis I dan 41 persen untuk dosis II. Namun hasil tersebut juga tidak boleh membuat masyarakat menjadi acuh terhapad prokes.

Ia juga menjelaskan bahwa pengawasan di wilayah tersebut juga bekerja sama dengan Kapolres dan Dandim 1801/Manokwari.

“Saya kira pengawasan di sini kita lakukan bekerja sama dengan Kapolres dan Dandim 1801/Manokwari terkait dengan penerapan prokes,” tegas Hermus usai memantau pelaksanaan vaksinasi massal, di GOR Sanggeng, Kamis (18/11/2021).

Tidak Boleh Lengah

Hermus meminta agar masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi tidak boleh lengah. Dan masyarakat harus bisa tetap melaksana prokes dengan ketat sebaik-baiknya seperti yang pemerintah imbaukan.

“Jadi yang sudah divaksin diharapkan tidak lengah tetapi prokesnya tetap ditegakkan. Dalam aktivitas-aktivitas massal maupun pertemuan-perremuan umum masyarakat, kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan termasuk peribadatan,” tegasnya.

Baca Juga: Janji Jenderal Andika Perkasa Untuk Tanah Papua

Ia juga berharap turunnya kasus di Manokwari tidak membuat masyarakat menjadi gegabah dalam melakukan kegiatan.

“Kita berharap walaupun perkembangan Covid-19 di Manokwari sudah menurun kasusnya, cakupan pelayanan yang sudah tinggi khususnya di vaksinasi ini juga tidak membuat kita lengah. Tapi kita tetap berhati-hati untuk menjaga seluruh masyarakat supaya tidak gegabah untuk kemudian memberikan ruang bagi berkembangnya Covid-19 lagi,” ujarnya.

Hermus juga meminta pimpinan lembaga sosial keagamaan dan organisasi kemasyarakat untuk membantu melakukan pengawasan terhadap masyarakat terkait penerapan prokes.

“Jadi saya kira pengawasan kepada masyarakat tetap kita lakukan dengan tetap menerapkan prokes. Kita berharap nanti semua masyarakat termasuk juga pimpinan lembaga sosial keagamaan dan ormas dan organisasi kemasyarakatan lainnya kita harapkan dukungannya untuk mengawasi masyarakat kita untuk menerapkan protokol kesehatan,” tukasnya.