Kasus Covid-19 Jayapura Sepekan Terakhir Alami Penurunan
beritapapua.id - Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru. (foto : tribunnews)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua menyatakan bahwa dalam pekan ini angka kasus Covid-19 sudah mulai turun. Hal ini bisa terjadi karena memang operasi yustisi protokol Kesehatan terbilang sukses berhasil membuat masyarakat patuh dalam menerapkan prokes.

Terkait dengan penurunan kasus Covid-19 Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan bahwa saat ini persentase positif antigen di Kota Jayapura saat berada di kisaran 3 sampai 5 persen.

“Persentase yang positif antigen itu rendah rata-rata 3 sampai 5 persen,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, Sabtu (14/8/2021).

Menurut Rustan, penurunan kasus Covid-19 di ibukota Provinsi Papua juga merupakan hasil dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Karena sebelum pemerintah memberlakukan PPKM, setiap harinya ada sekitar 30-40 masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Sebelumnya trend-nya 30 hingga 40 masyarakat yang terpapar setiap hari. Sekarang paling banyak 15 orang. Sebanyak 25 kelurahan masih berada di zona merah,” ujar Rustan.

Kasus Covid-19 Menurun Karena PPKM Level 4 Berjalan Dengan Baik

Ia mengatakan dengan adanya penurunan jumlah kasus Covid-19 yang terjadi kepada warga menunjukan bahwa PPKM level 4 di wilayah Kota Jayapura berjalan dengan baik.

“Patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, kurangi aktivitas di luar rumah supaya tidak terpapar Covid-19,” ujar Rustan.

Baca Juga : Jelang PON XX Polda Papua Uji Coba Pemberlakuan Ganjil-Genap

Rustan menambahkan dalam dua pekan terakhir dalam operasi yustisi penegakan Perda Nomor 3 tentang adaptasi tatanan kehidupan baru, sebanyak 106 yang diproses hukum, 66 orang membayar denda dan 18 orang diamankan di penjagaan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, berharap trend penuruanan angka penularan Covid-19 akan terus berlanjut.

“Ini menandakan upaya pencegahan yang dilakukan berdampak pada pemutusan penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura,” ujar Antari.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Dan yang yang tak kalah penting adalah selalu rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Ini demi kesehatan kita semua. Mari bersama-sama melawan memutus penyebaran Covid-19 supaya kita semua aman, sehat, dan nyaman dalam melakukan aktivitas,” ujar Antari.