Kasus Covid-19 Melonjak, Beberapa Negara Kembali Lockdown
beritapapua.id - Kasus Covid-19 Melonjak, Beberapa Negara Kembali Lockdown - plutoniumsox

Disaat berapa negara mulai membuka wilayahnya secara bertahap karena penurunan kasus Covid-19, beberapa negara justru kembali menerapkan lockdown karena ditemukannya penularan Covid-19 yang kembali meningkat di beberapa negara dan kawasan.

Baca Juga: Dari Mana Asal Kain Bendera Merah Putih?

Negara Yang Kembali Menerapakan Lockdown di Wilayahnya

  1. China

Akibat ditemukannya lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah China kembali melakukan penutupan pada sejumlah wilayah di Beijing. Setelah sebelumnya sempat membuka kegiatan perekonomian secara bertahap pada bulan Mei lalu. Hal ini disebabkan adanya temuan virus corona yang kembali muncul di area pasar tradisional ibu kota.

  1. Hongkong

Hongkong yang sebelumnya sudah kembali membuka Disneylandnya, kini kembali lagi memberlakukan social distancing mengikuti perkembangan pandemi yang semakin meluas. Pemerintah hongkong bahkan mewajibkan masyarakatnya menggunakan masker dan menerapkan denda bagi warga yang tidak menggunakannya.

  1. Vietnam

Hal serupa juga dialami oleh Pemerintah Vietnam yang memutuskan untuk melakukan lockdown pada kota Da Nang setelah terjadi penularan Covid-19. Dimana sebelumnya selama tiga bulan tidak ada penambahan kasus di Vietnam.

  1. India

Lonjakan kasus Covid-19 yang membuat India menjadi negara dengan Kasus Covid-19 tertinggi ketiga di dunia. Sehubungan dengan hal tersebut kota Bihar di India Utara diperintahkan untuk kembali melaksanakan Lockdown setelah sebelumnya mulai melonggarkan aturan tersebut untuk mengurangi dampak ekonomi.

  1. Filipina

Ibukota Filipina, Manila kembali memberlakukan pembatasan sosial setelah terjadi lonjakan kasus infeksi baru. Salah satu kota yang paling terdampak adalah Navota yang juga menjadi daerah termiskin di Manila yang memiliki 931 kasus konfirmasi Covid-19.

  1. Malaysia

Pemerintah Malaysia juga berencana menerapkan kembali kebijakan penguncian wilayah disusul lonjakan kasus baru. Setelah sebelumnya menerapkan tahap pemulihan dengan perintah pengawasan pergerakan ketat terhadap kegiatan bisnis dan ekonomi telah berjalan kembali.

  1. Australia

Australia juga menjadi negara selanjutnya yang kembali menetapkan peraturan Lockdown setelah di negara bagian Victoria ditemukan kasus Covid-19 pada awal Juli lalu. Selain Victoria, pemberlakuan Lockdown juga terjadi di Melbourne.

  1. Spanyol

Wilayah Catalonia, Spanyol kembali memberlakukan lockdown setelah kasus penularan Covid-19 kembali melonjak pada Juli. Pemerintah wilayah Catalonia menetapkan aturan bagi warganya untuk melakukan isolasi dan hanya boleh meninggalkan rumah untuk bekerja atau melakukan aktivitas penting saja. Sebelumnya Spanyol baru juga baru saja membuka lockdown nasional pada pertengahan Juni lalu setelah tiga bulan dilakukan penutupan.