Kasus Covid-19 Papua Barat didominasi pasien usia Produktif
beritapapua.id - Kasus Covid-19 Papua Barat didominasi pasien usia Produktif - Antara

Kasus Covid-19 Papua Barat didominasi pasien usia Produktif  РArnoldus Tiniap, Juru Bicara Pemprov Papua Barat pada Penanganan Covid-19 mengutarakan bahwa klasifikasi usia warga Papua Barat yang diidentifikasi positif Virus Covid-19 terbagi dalam beberapa kategori, antara lain pasien usia di bawah 5 tahun, pasien di atas 80 tahun dan pasien dengan usia antara 20 hingga 35 tahun.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan masing-masing Gugus Tugas Kabupaten/Kota, maka per tanggal 4 Juni 2020, jumlah kasus positif COVID-19 di Provinsi Papua Barat ada penambahan kasus positif baru. Hingga kini jumlahnya menjadi 173 orang. Sedangkan, pasien positif yang dinyatakan sembuh berjumlah 57 orang dan yang meninggal dunia di Papua Barat sebanyak 2 orang.

Jumlah pasien terbanyak berada pada kisaran usia produktif, yaitu antara 20 hingga 35 tahun. Sebagian besar warga positif Covid-19 di provinsi Papua Barat hampir tidak mengalami gejala. 80% warga yang terjangkit virus Covid-19 di Papua Barat berasal dari kelompok orang tanpa gejala (OTG). Dimana penyebarannya terdapat diberbagai Kabupaten/Kota diseluruh Papua Barat, seperti telah dikonfirmasi pada Kota Sorong, Labupaten Sorong, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Teluk Wondama, Fakfak dan Kaimana.

Baca Juga: 52 Petugas Kesehatan di Papua Terpapar Covid

Jumlah OTG Covid-19 Mencapai 1448

Ditambahkan Arnoldus, berdasarkan update terbaru penyebaran Covid-19 di Papua Barat, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 1448. Sebanyak 632 telah selesai pemantauan dan yang masih terpantau sebanyak 816 orang. Kemudian, pasien dalam pengawasan sebanyak 85 orang, yang telah selesai pengawasan sebanyak 64 orang dan masih dalam pengawasan sebanyak 21 orang. Selanjutnya orang dalam pemantauan ada penambahan 15 orang, yaitu dari Kabupaten Raja Ampat. Sehingga total ODP di Papua Barat naik menjadi 999. Sebanyak 852 telah selesai dipantau dan masih dalam pemantauan sebanyak 147 orang.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sebagian besar warga yang positif covid-19 di Papua Barat berasal dari kelompok OTG dimana sejauh ini mereka tidak mengalami gejala apapun, dan memiliki potensi angka kesembuhan sangat besar. Hal ini terlihat dari penambahan jumlah pasien yang berhasil sembuh juga terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini sudah sebanyak 57 orang dan semua sudah dipulangkan kembali.

4 kabupaten di Papua Barat yang akan bersiap memasuki fase New Normal. 4 Kabupaten tersebut yakni wilayah Tambrauw, Sorong Selatan, Maybrat dan Pegunungan Arfak. Sedangkan daerah yang masuk dalam kategori zona merah di Papua Barat, yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Teluk Bintuni, Raja Ampat, Manokwari, Teluk Wondama, Fakfak, dan Manokwari Selatan, juga akan dilakukan evaluasi kembali.