Kasus Covid-19 Varian Omicron di Papua Bertambah Menjadi 39 Orang
beritapapua.id - Sekretaris Dinkes Papuam, dr. Silwanus Sumule. (Foto: Antara)

Kasus varian Omicron Covid-19 kembali meningkat di Provinsi Papua. Hingga saat ini setidaknya ada 39 orang di Papua terkonfirmasi Omicron.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule mengatakan 39 kasus Omicron merupakan hasil dari 40 sampel yang di periksa Balai Litbangkes Papua per 9 Februari 2022.

Temuan kasus Omicron ini berdasarkan hasil pemeriksaan WGS (Whole Genomic Squencing) Sarscov-2 di Balitbangkes Papua. Dan sebelumnya Badan Litabangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga mengkonfirmasi hasil tersebut terlebih dahulu.

“Dari 40 sampel itu ditemukan 33 orang terkonfirmasi varian Omicron berada di Kota Jayapura. Sisanya 6 orang terkonfirmasi varian Omicron dan 1 orang varian Delta berada di Kabupaten Merauke,” ujar Sumule melalui pesan WhatsApp kepada Jurnalis Papua.

Dalam pesan tersebut ia juga menyampaikan bahwa warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Vaksinasi terus untuk ditingkatkan dan fasilitas kesehatan, baik itu rumah sakit maupun puskesmas, harus selalu siap siaga,” ujarnya.

Kepala Balai Litbangkes Papua Antonius Oktovianus mengatakan pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan varian terduga Omicron. Kini ada 48 sampel terduga Omicron yang diperiksa di laboratoriumnya.

“Semoga senin depan sudah ada hasil,” ujarnya.

SARSCov-2 Akan Terus Bermutasi

Menurut Oktovianus SARSCoV-2 termasuk jenis virus yang mudah bermutasi. Varian baru akan terus bermunculan, mungkin akan lebih ganas dan bisa juga lebih jinak.

“Paling penting manusia sebagai pejamu harus tetap menaati protokol kesehatan dan meningkatkan cakupan vaksinasi,” katanya.

Baca Juga: Karyawan Positif Covid-19, Freeport Tutup Fasilitas Untuk Umum

Juru Bicara Satgas Covid-19 Merauke dr. Neville Maskita mengatakan 6 orang positif Omicron merupakan pelaku perjalanan dari luar Papua dan kasus kontak erat. Mereka kini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing di bawah pengawasan tim kesehatan.

Ia juga menyampaikan bahwa pasien yang mendapatkan perawatan hanya pasien yang mengalami gejala berat. Sementara pasien dengan gejala ringan bisa menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Tidak semua pasien Covid-19 di rawat di rumah sakit, mereka ini [terinfeksi varian Omicron] mengalami gejala ringan, jadi isolasi mandiri di rumah,” ujarnya.

Di Kabupaten Merauke, kata Neville, ada 5 orang terkonfirmasi positif Covid-19 sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Merauke. Rumah Sakit Marauke menyediakan 17 tempat tidur yang diperuntukan bagi pasien Covid-19 dengan gejala berat.

Berikut data terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Papua per 9 Februari 2022 yang dirilis Satgas Covid-19 Papua. Jumlah terkonfirmasi positif di Provinsi Papua sebanyak 1.532 orang.