Kasus Omicron Naik, Walkot Jakarta Selatan Imbau Warga Patuhi Prokes
beritapapua.id - Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin. (dok. Kominfo Jaksel)

Kasus varian Omicron telah merebak di wilayah Jakarta Selatan dalam dua pekan terakhir. Berdasarkan data Suku Dinas Kesehatan, tercatat ada 80 kasus Omicron di Jakarta Selatan.

Oleh karena itu Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19

“Diimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Dan ini kami terus menyosialisasikan bersamaan dengan vaksinasi,” ujar Munjirin, saat dikonfirmasi, Selasa (25/1/2022).

Pemerintah telah menggencarkan penerapan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Munjirin juga memastikan penanganan terhadap warga yang positif Covid-19 akibat varian Omicron dilakukan sesuai prosedur standar operasi atau SOP (standard operating procedure).

Baca Juga: Sering Merokok dan Kurang Tidur Dapat Memicu Penyakit Jantung

“Untuk penanganan warga yang positif kami lakukan sesuai dengan SOP. Kemudian (prokes dan vaksinasi) harus sama-sama kita maksimalkan,” ucap Munjirin

Adapun kasus Omicron tersebar hampir di sembilan kecamatan, kecuali wilayah Pancoran.
Kasudin Kesehatan Jakarta Selatan M Helmi mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pelacakan kasus positif untuk mendeteksi varian omicron.

“Itu bisa diketahui Omicron usai pemeriksaan lima hari sampai satu minggu,” kata Helmi.