Kawal Pembangunan di Papua, Kapolri Minta Utamakan Dialog dan Humanis
beritapapua.id - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Humas Polri)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajaran untuk mengawal pembangunan di Papua secara proporsional.

Ia minta langkah utama dalam mengawal pembangunan di Papua adalah dengan mengutamakan dialog dan humanis kepada masyarakat. Namun perlu untuk diingat bahwa harus menindak tegas terhadap kelompok yang mengganggu keamanan dan ketertiban.

“Personel Polri yang melakukan operasi di Papua tentunya harus mengedepankan dialog dan humanis kepada masyarakat,” ujar Sigit saat memberikan arahan pada pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korps Brimob di Pusat Pelatihan Brimob Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/3/2022).

Kapolri mengatakan, pemerintah saat ini sedang melakukan transformasi ekonomi Indonesia dengan mengubah fondasi dari negara konsumen menjadi produsen.

“Transformasi ekonomi ini mengubah paradigma pembangunan Jawa sentris menjadi Indonesia sentris. Tentunya Papua menjadi salah satu perhatian besar pemerintah saat ini,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah saat ini akan terus melakukan berbagai kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua melalui pendidikan, kesejahteraan ekonomi dan kebudayaan. Namun demikian, ada pihak yang masih melakukan gangguan keamanan terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua.

“Gangguan ini terus dilakukan bersama propaganda yang memecah belah bangsa Indonesia. Pihak ini menginginkan proses pembangunan Papua terhambat karena peningkatan kesejahteraan tentunya seiring dengan kebijakan tersebut,” kata mantan Kabareskrim Polri tersebut.

Operasi Damai Cartenz dan Operasi Rasaka Cartenz

Sigit mengatakan Polri telah membuat pola operasi di Papua melalui Operasi Damai Cartenz dan Operasi Rasaka Cartenz.

“Saya harapkan ke depan Polri meminimalkan, jangan sampai lagi muncul korban baik muncul dari personel maupun masyarakat kecil,” ucapnya.

Baca Juga: Akibat Embargo Terhadap Rusia, Harga Minyak Dunia Semakin Meroket

Guna mewujudkan harapan itu, dia meminta personel yang terlibat dalam operasi tersebut harus memiliki kompetensi khusus, kewaspadaan saat bertugas. Dan yang tak kalah penting adalah bisa melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap pergerakan kelompok kriminal bersenjata yang mengancam keselamatan jiwa.

“Penguatan penjagaan terhadap mako-mako Polri, proyek pembangunan yang ada saat ini sedang dikerjakan pemerintah dan tentunya bagaimana memberikan jaminan keamanan serta keselamatan bagi masyarakat,” ujar Kapolri.