Kebakaran di Kota Jayapura Hanguskan Puluhan Rumah Warga
Beritapapua.id - Kebakaran di Kota Jayapura Hanguskan Puluhan Rumah Warga - iNews

Kebakaran di Kota Jayapura Hanguskan Puluhan Rumah Warga – Puluhan rumah warga yang berada di kawasan DOK IX, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua ludes terbakar pada Senin (19/10/2020) malam sekitar pukul 18.30 WIT.

Kapolsek Jayapura Utara, Iptu Handry Bawiling mengatakan bahwa berdasarkan Informasi awal dari masyarakat kebakaran berasal dari rumah salah seorang penjual nasi kuning. Awalnya rumah yang terbakar sebanayak 3 rumah, tapi kemudian merembet ke rumah lainnya.

“Untuk memadamkan api, kami berkoordinasi dengan pemadam kebakaran milik pemerintah Kota Jayapura dan Polda Papua untuk menurunkan water canon. Kurang lebih 3 jam api berhasil dipadamkan,” Kata Handry.

Kapolsek Handry Bawling menyebut, dalam peristiwa ini puluhan rumah warga hangus terbakar dan dua orang terluka. Selain itu, Kapolsek juga mengatakan, tidak ada korban yang meninggal dalam insiden tersebut.

“Kami masih melakukan penyelidikan, namun sampai saat ini belum ada korban jiwa, sehingga kalau ada foto yang beredar maka dipastikan itu tidak benar,” Jelas Handry.

Baca Juga: Papua Muda Inspiratif Membudidayakan Ikan Air Tawar Danau Sentani

Kronologi Terjadinya Kebakaran Dok IX

Kebakaran di Kota Jayapura Hanguskan Puluhan Rumah Warga
Beritapapua.id – Kebakaran di Kota Jayapura Hanguskan Puluhan Rumah Warga – Republika

Api pertama terlihat dari salah satu rumah penjual nasi kuning yang menyebabkan 3 rumah sampingnya ikut terbakar. Warga setempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun karena bangunan rumah yang terbuat dari kayu disertai angin kencang menyebabkan api susah untuk padam.

Untuk memadamkan api, delapan unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Jayapura beserta mobil water canon milik Polda Papua dikerahkan. Sampai akhirnya api berhasil padam sekitar pukul 21.30 WIT.

Dalam pemadaman api terdapat kendala yakni mobil pemadaman kebakaran sulit menjangkau lokasi, karena akses sempit. Karena mobil damkar yang dibantu water cannon tidak bisa masuk dan mendekat TKP, membuat api baru bisa dipadamkan sekitar tiga jam.

Diperkirakan ada sebanyak 35-40 rumah warga yang terbakar. Dan dari hasil investigasi Kasat Redkrim terdapat 2 korban luka. Saat ini kedua korban luka tersebut sedang dalam penanganan medis.

Sementara itu, Polresta Jayapura bersama Polsek Jayapura Utara, masih menyelidiki penyebab kebakaran pada kawasan permukiman padat penduduk tersebut. Selain pihaknya juga belum memastikan penyebab kebakaran, pihaknya juga belum mengetahui besarnya kerugian warga.

“Kami belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang terjadi Senin malam (19/10) yang menghanguskan sekitar 100 rumah warga. Kami masih menunggu data yang dikumpulkan dari lapangan,” kata Kapolsek Jayapura Utara.