Kebakaran di Kota Jayapura Menghanguskan Satu Bangunan dan 9 Motor
beritapapua.id - Si jago merah melahap rumah kontrak di Jayapura. (foto: istimewa)

Sebuah rumah kontrakan berlantai dua dan sembilan unit sepeda motor hangus terbakar, Minggu (21/11/20201) dini hari. Kebakaran tersebut terjadi di Jalan Raya Abepantai-Tanah Hitam, RT 04, Kelurahan Asano, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Menurut salah seorang saksi yang berada di lokasi kejadian tersebut, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.10 WIT.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada satu pun korban, namun kerugian materiil mencapai ratusan juta.

Karena peristiwa kebakaran tersebut salah satu bangunan berlantai dua pada bagian depan hangus terkabar. Bangunan tersebut merupakan sebuah apotek dengan lantai dua merupakan PAUD Nusantara.

Polisi juga masih melakukan penyelidikan penyebab dari kebakaran di Jayapura. Namun, menurut dugaan sumber api berasal dari bawah tangga di tengah bangunan yang terdapat tumpukan kayu dan spanduk.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, melalui Kapolsek Abepura AKP Lintong Simanjuntak, membenarkan bahwa memang telah terjadi peristiwa kebakaran di Kelurahan Asano, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Ia menjelaskan bahwa bangunan yang hangus terbakar pada bagian depannya tersebut adalah milik milik Abdul Wahid (57). Namun saat ini bangunan itu sedang dikontrak oleh Mursalim (34).

Kapolsek juga menerangkan, menurut keterangan saksi di TKP, sekitar pukul 01.10 WIT, api diduga berasal dari bagian bawah tangga di bagian tengah bangunan yang terdapat tumpukan kayu dan spanduk.

Bangunan Berbahan Kayu

Menurutnya api sangat cepat menjalar karena sebagian bangunan merupakan terbuat dari kayu.

“Api dengan cepat menjalar karena sebagian besar bangunan (lantai II) terbuat dari kayu,” ungkap Kapolsek dalam keterangannya, Minggu (21/11/2021).

Pada saat peristiwa kebakaran itu korban dan saksi berhasil menyelamatkan diri ke arah jalan raya.

Baca Juga: Gubernur Papua Tepati Janji Berikan Bonus Kepada Atlet Berprestasi

Pihak Polsek Abepura kemudian mendangi TKP setelah menerima laporan sekitar sepuluh menit dari kejadian itu.

Untuk memadamkan api pihak Polsek Abepura berkoordinasi dengan Pemadam Kebakaran Kota Jayapura. Api akhirnya berhasil padam setelah mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil water suply serta mobil AWC Sat Brimob Polda Papua.

“Ada tiga unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil water suplay milik pemerintah Kota Jayapura dan satu unit mobil AWC milik Sat Brimob Polda Papua diturunkan untuk memadamkan api,” ucapnya.

Menurut Kapolsek kerugian materil akibat dari peristiwa kebakaran tersebut kurang lebih mencapai lima ratus juta rupiah.