Kebakaran Hanguskan 12 Kamar Kos di Jayapura Pada Senin Malam
beritapapua.id - Si jago merah melahap 12 kamar kos di Jayapura. (foto: istimewa)

Kebakaran menghanguskan sebanyak 12 petak kamar kos berlantai dua di Jalan Baru Pantai Hamadi atau Jalan Baru Tobati, Kelurahan Hamadi Distrik Jayapura Selatan. Menurut informasi kebaran tersebut terjadi pada, Senin (20/12/2021) malam.

Pemadam Kebakaran Kota Jayapura telah mengkonfirmasi benar ada laporan kebakaran yang terjadi pada pukul 19.25 WIT atau setengah delapan malam.

Kabid Pemadam Kebakaran Kota Jayapura, Margareta Veronika Kirana,S.Sos. MH menjelaskan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun menurutnya kerugian akibat dari kebakaran tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

Sampai saat ini penyebab kebajaran tersebut belum diketahui. Namun, menurut dugaan yang ada kebakaran tersebut terjadi akibat korsleting listrik di kamar sembilan yang tak berpenghuni.

Menurut saksi bernama Wahid, api muncul dari dalam kamar kos nomor sembilan di lantai dua saat saksi yang juga korban itu sedang mencuci sepeda motor.

Saksi dan korban lainnya sempat mendobrak pintu dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api semakin membesar dan merembet ke kamar lain. Wahid kemudian meminta tolong warga sekitar namun tak kunjung padam.

Menurunkan Enam Unit Kendaraan Pemadam

Petugas pemadam kemudian tiba di TKP dengan menurunkan enam unit kendaraan pemadam.

“Empat unit Cannon dan dua Suplay milik Pemda Kota Jayapura, dibantu dua unit armada damkar milik Pemda Provinsi Papua juga empat unit mobil tangki Suplay milik masyarakat pelaku usaha isi ulang dan satu unit Suplay milik PDAM,” jelas Margareta, Selasa (21/12/2021) pagi.

Baca Juga: Narkotika Terus Beredar di Papua, Mayoritas Berasal Dari PNG

Pemadaman bangunan kos-kosan tersebut juga berlangsung agak cukup lama. Hal ini lantaran titik kebakaran berada di jalan sempit, dan membuat pemadam kebakaran harus bekerja ekstra dalam upaya memadamkan api.

“Sekitar pukul 19.34 WIT, armada Damkar dari pos Mako Entrop dan Pos Japsel (2 Canon dan 1 Suplay) tiba di lokasi dan melakukan pemadaman. Pukul 19.43 WIT armada dari pos Youtefa dan Heram tiba di lokasi ( 2 Canon dan 1 Suplay) juga tiba,” ungkapnya.

Pemadam kebakaran akhirnya berhasil memadamkan api pada pukul 20.45 WIT, yang kemudian berlanjut dengan pembasahan dan pendinginan bagunan yang terbakar.