Kebakaran hebat kembali terjadi di Papua, Senin malam Fakultas Fisip Kampus Universitas Satya Wiyata Mandala Kabupaten Nabire ludes terbakar.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan kebakaran terjadi sekira pukul 23.15 WIT yang mengakibatkan 13 ruangan terbakar.

“Laporan yang kami terima api cepat merambat ke bangunan lain karena sebagian besar ruangan terbuat dari kayu. Ruangan yang terbakar terdiri dari 1 ruang Kantor FISIP dan 12 ruang Ssudi,” ungkap Kombes Benny, Selasa (17/1/2023).

Menurut Kombes Benny, awal api diduga berasal dari ruangam fotocopy yang berada di bagian tengah Fakultas USWIM.
“Api cepat membesar dan merambat ke ruangan lainnya, selain karena bangunannya dari kayu saat kejadian angin juga dilaporkan bertiup dengan kencang,”jelasnya.

Api akhirnya berhasil di jinakkan sekira pukul 01.30 Wit setelah dua unit mobil Damkar Pemda Nabire tiba di lokasi.

“Walau sudah berusaha maksimal namun api sudah terlanjut melahap 13 ruangan kampus. Saat ini kami tengah menyelidiki penyebab kebakaran,”ujar Benny.

Tak ada korban jiwa atau luka atas peristiwa kebakaran ini, dan saat ini pihak kampus dan polisi masih menghitung kerugian material akibat kebakaran.

Atas peristiwa kebakaran ini dipastikan aktifitas belajar mengajar di Fakultas USWIM Nabire untuk sementara belum berlangsung. Pihak kampus hingga kini belum memberikan keterangan resmi terkait peristiwa kebakaran yang menghanguskan 13 ruangan di Fakultas ISWIM Nabire tersebut.