Kebudayaan Suku Kamoro yang Dikenal Pandai Memahat dan Melukis
beritapapua.id - Kebudayaan Suku Kamoro yang Dikenal Pandai Memahat dan Melukis - Detik

Kebudayaan Suku Kamoro yang Dikenal Pandai Memahat dan Melukis – Selain suku Dani dan suku Asmat, di Papua masih terdapat lagi suku besar lainnya yang mempunyai tradisi dan kebudayaan unik. Bahkan, berkat keunikannya suku ini menjadi sangat dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Suku yang dimaksud adalah suku Kamoro. Suku ini merupakan salah satu suku terbesar yang hidup di pesisir pantai, Kabupaten Timika Agats sampai Jita. Sedangkan rumpun bahasa suku Kamoro adalah rumpun bahasa Trans Nugini yang dituturkan oleh suku Asmat.

Rumpun bahasa yang digunakan suku Kamoro ini dipercaya merupakan hasil dari persebaran orang Asmat di sepanjang pantai selatan Pulau Papua. Perbedaan bahasa, biasanya hanya terdapat pada kata ganti.

Baca Juga: Mengenal Suku Muyu, Suku Pedalaman Paling Pintar Asal Papua

Ukuran Kayu yang Terkenal Hingga Penjuru Dunia

Suku ini sangatlah memegang teguh tradisi serta menjaga kekayaan kebudayaan Kamoro yang sudah ada sejak zaman nenek moyangnya. Salah satunya adalah mengukir dengan memakai pahatan khusus. Hasil karya seni ukir suku Kamoro, tidak kalah dengan hasil ukiran suku Asmat.

Kebudayaan Suku Kamoro yang Dikenal Pandai Memahat dan Melukis
beritapapua.id – Kebudayaan Suku Kamoro yang Dikenal Pandai Memahat dan Melukis – BeritaSatu

Ukiran kayu yang dibuat sangat halus, indah, dan memiliki keunikan tersendiri. Motif atau corak pada seni ukir suku Kamoro didasarkan pada sejarah maupun pengalaman masa lalu. Tidak hanya dikenal sebagai pemahat ulung, mereka juga terkenal dengan karya lukisnya juga.

Pada Deseber 2019 lalu, Pameran dan Lelang Seni Ukir dan Anyaman Suku Karomo digelar oleh Yayasan Lontar bekerjasama dengan Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe dan PT. Freeport Indonesia. Dalam pameran ini, berbagai macam bentuk ukiran dipamerkan.

Dilansir dari investor.id, Muhammad Thoha, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Mimika, menjelaskan seni dan budaya Suku Kamoro menjadi salah satu potensi pengembangan pariwisata di Kabupaten Mimika. Ukiran Kamoro kini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan ukiran Asmat.

Karena keahlian yang dimiliki dan hasil karya ukirannya yang memesona itu, suku Kamoro menjadi banyak dikenal di dunia. Karya ukir suku ini telah tersebar di beberapa negara, seperti Meksiko, Belanda, Brazil, dan negara-negara lainnya. Dalam tradisinya, semakin bagus ukiran, maka semakin tinggi pula derajat pembuatnya.