Kegiatan Olahraga dan Kompetisi Hore Untuk HPN Papua
beritapapua.id - Kegiatan Olahraga dan Kompetisi Hore Untuk HPN Papua - kabarpapua.co

Kegiatan Olahraga dan Kompetisi Hore Untuk HPN Papua – Sebelum adanya Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985, HPN telah digodok sebagai salah satu butir keputusan Kongres ke-28 Persatuan Wartawan (PWI) di Kota Padang, Sumatra Barat, pada 1978. Kesepakatan tersebut, tak terlepas dari kehendak masyarakat pers untuk menetapkan satu hari bersejarah. Hari Bersejarah tersebut ditetapkan untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. Pada sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung tanggal 19 Februari 1981, kehendak tersebut disetujui oleh Dewan Pers. Kemudian disampaikan kepada pemerintah sekaligus menetapkan penyelenggaraan Hari Pers Nasional.

Pers selalu mengalami dinamika permasalahannya dari masa ke masa. Bukan saja pada masa Orde Baru, tetapi juga sebelum Orde Baru hingga saat ini mulai dari belenggu kolonialisme hingga kebebasan pers yang dibungkam. Maka dari itu, diharapkan, melalui peringatan HPN, insan pers dan masyarakat sudah seharusnya senantiasa berbenah dan mewujudkan cita-cita Indonesia.

Baca Juga: Melirik Usaha Baru Perkebunan Pisang oleh Koperasi Ebier

Peserta Kegiatan Olahraga dan Kompetisi Hore HPN Papua

Enam tim dari media cetak, elektronik dan dua tim televisi lokal di Kabupaten Manokwari ikut bertanding dalam turnamen fun futsal. Pertandingan tersebut diadakan untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2020. Pertandingan yang berlangsung di lapangan Garuda Manokwari Sabtu (1/2/2020) diawali dengan partai eksibisi antara tim Wakapolda Papua Barat, Pejabat Utama Polda Vs Wartawan Senior.

Setelah eksibisi dilanjutkan dengan pertandingan mempertemukan tim Kombrof FC, Karabas FC, Corona FC, TVRI PB, Kasuari dan Tabura Pos yang sudah terbagi dalam dua pool. Dari jumlah tim futsal itu, dua tim sudah gugur mendahului dari 4 partai lainnya, yakni Tabura Pos dan Kombrof FC. Sedangkan tim Kasuari FC versus Corona FC akan memperebutkan juara 1 dan 2.

Kemudian TVRI Papua Barat Vs Karabas FC akan memperebutkan posisi juara 3 dan juara harapan yang nantinya akan dilaksanakan pada Minggu (2/1/2020) pukul 15.00 WIT.

Agenda futsal yang diinisiasi panitia Hari Pers Nasional (HPN) lokal, Siwo dan PWI Papua Barat untuk menyongsong HPN. Momen itu sekaligus menjadi ajang seleksi atlet futsal guna mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) pada 1-6 September 2020.

Hal itu disampaikan Ketua PWI Papua Barat, Bustam dalam sambutannya sebelum pertandingan berlangsung. Dia berharap semoga pertandingan ini dimanfaatkan untuk memilih atlet terbaik. Agar bisa bertanding di Malang Raya di Provinsi Jawa Timur, September 2020 mendatang.