Pemeliharaan Listrik
Beritapapua.id - Kegunaan Pemeliharaan Listrik Pada Industri

Pemeliharaan listrik yang dilakukan oleh sebuah perusahaan maupun industri merupakan salah satu prosedur untuk menjaga sistem kelistrikan. Kegunaannya agar tetap terkendali dan dalam kondisi aman untuk beroperasi.

Industri skala besar membutuhkan banyak komponen penyusun untuk dapat beroperasi dengan baik, salah satunya adalah kebutuhan penggunaan listrik. Untuk menjalankan berbagai jenis kegiatan seperti penerangan ruangan, menyalakan alat-alat berat, melakukan pengeboran, pengelasan, dan kontrol terhadap kondisi ruangan. Sehingga perawatan listrik menjadi salah satu faktor kunci dalam menjaga kestabilan dan keselamatan kerja.

Melalui standar dan penggunaan yang tepat, pemeliharaan yang dilakukan secara berkala hingga ke komponen penyusun, menjadi lebih terjamin keamanan nya bagi pekerja dan lingkungan kerja itu sendiri.

Dalam sebuah perusahaan penting untuk memiliki manajemen atau departemen khusus yang bertugas mengawasi dan memantau kelistrikan. Potensi bahaya yang tinggi bagi keselamatan tenaga kerja maupun asset yang ada merupakan hal lain yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Tenaga ahli sangat dibutuhkan dalam menjaga hal ini, sehingga perusahaan memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mampu memilih kandidat yang berkapasitas dan berkompeten dalam mengemban tugas ini.

Baca juga: Bakar Batu, Tradisi Kebudayaan Unik Asal Papua

Keikutsertaan Petrotekno Dalam Pemeliharaan Listrik

Pemeliharaan Listrik
http://petrotekno.co.id

Petrotekno memperhatikan dengan detail kebutuhan dalam perawatan kelistrikan di dalam dunia industri. Dalam hal ini Petrotekno menyediakan pelatihan yang akan menjelaskan dan memberikan materi tentang prosedur terkait pemeliharaan kelistrikan yang sesuai dengan Standard Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Tidak hanya teori, tetapi juga pelatihan kompetensi dan uji coba untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang sebelum nya telah diberikan.

Proses pemeliharaan listrik ini bisa dimulai dengan memprediksi kondisi suatu peralatan listrik, dan bisa ditentukan kapan dan apakah kemungkinan peralatan listrik atau panel listrik tersebut akan gagal atau tidak. Kemudian tindakan pencegahan, artinya perawatan terhadap kelistrikan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada peralatan dan atau untuk mempertahankan kinerja peralatan yang optimal berdasarkan waktu penggunaan. Selanjutnya, pemeliharaan yang dilakukan secara berencana pada jangka waktu tertentu, untuk mengganti spare part atau bagian yang udah rusak dan tidak layak digunakan. Dan yang terakhir, pemeliharaan yang bersifat spontan atau mendadak. Dilakukan ketika sebuah kerusakan terjadi secara tiba-tiba.