Kejati Papua Barat Gelar Aksi Donor Darah Guna Bantu PMI
beritapapua.id - Aksi donor darah pegawai Kejati Papua Barat menyambut hari jadi Adhyaksa ke 61 tahun. (foto : jubi)

Pegawai Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat di Manokwari melaksanakan donor darah dalam rangkaian aksi kemanusiaan menyambut ulang tahun Adhyaksa Republik Indonesia ke 61 tahun 2021.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat, Wilhelmus Lingitubun, melalui Asisten Intelijen Rudy Hartono mengatakan bahwa aksi sosial donor darah itu melibatkan seluruh pegawai di internal Kejati Papua Barat.

“Hari ini dalam aksi donor darah pegawai Kejati Papua Barat bekerja sama dengan markas Palang Merah Indonesia (PMI) Papua Barat, dan menghasilkan 19 kantong darah yang akan kita sumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Rudy Hartono, Kamis (8/7/2021).

Rudy Hartono menjelaskan, rangkaian kegiatan menyambut HUT Adhyaksa juga harus mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Khusus Donor Darah, Kejati PB Lakukan Secara Internal

“Jadi rangkaian kegiatan yang kami gelar, ada yang bersifat internal dan publik. Khusus donor darah ini kami lakukan secara internal tapi berdampak,” ujar Dia.

Dia juga mengatakan bahwa untuk rangkaian kegiatan publik dalam rangka HUT Adhyaksa, yaitu dengan melaksanakan vaksinasi COVID-19 massal pada 14 Juli 2020 mendatang.

Baca Juga : Polres Merauke Periksa Sejumlah Saksi Dana Hibah Rp1,5 M

“Kejati Papua Barat akan menggelar vaksinasi COVID-19 massal pada tanggal 14 Juli 2021, bertempat di halaman kantor Kejati. Ini sifatnya pelayanan kesehatan publik, sehingga masyarakat umum yang belum melakukan vaksinasi pun akan kami undang,” ujar Rudy.

Selanjutnya, Abdullah Patty, staf transfusi darah PMI Papua Barat, mengatakan bahwa 19 kantong darah yang didonorkan pegawai Kejati Papua Barat sangat membantu kebutuhan cadangan darah di tengah Pandemi COVID-19.

“Selama pandemi COVID-19, kebutuhan darah sangat tinggi di wilayah Manokwari terutama golongan darah (O), dan ini akan sangat membantu cadangan darah PMI satu pekan ke depan,” ujar Abdullah