Kembangkan Atlet, NPC Papua Berharap Dukungan Dari Pemprov Papua
beritapapua.id - Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma. (Foto: ceposonline)

National Paralympic Committe (NPC) Papua berharap bisa terus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua untuk mengembangkan atlet dan fasilitas pendukung. Hal ini usai keberhasilan mereka menjadi juara umum pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI, November 2021 lalu.

Karena keberhasil tersebut, saat ini atlet-atlet NPC Papua juga banyak mendapatkan panggilan untuk masuk dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas) NPC Indonesia. Dan nantinya para atlet yang terpilih ini akan berkesempatan membela Indonesia dalam kanca Internasional yaitu ASEAN Para Games.

Usai menerima bonus secara simbolis dari Gubernur Papua, Lukas Enembe, NPC Papua juga berharap bisa terus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua agar bisa kembali mewujudkan prestasi di iven-iven berikutnya.

“Saya rasa kita sudah melihat perhatian serius dari Pemerintah dalam hal ini Pak Gubernur yang telah memberikan bonus kepada para atlet kita. Jadi kita bersyukur sekali karena beliau selalu memperhatikan atlet-atlet disabilitas. Sehingga tidak ada perbedaan antara atlet normal dan disabilitas,” kata Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma, baru-baru ini.

“Mudah-mudahan saja kita bisa terus mendapatkan dukungan, karena di sini kan semua venue sudah tersedia. Tinggal bagaimana kita memaksimalkan atlet. Kami mulai memprogramkan latihan atlet. Saya rencana ada beberapa atlet yang akan kita kirim ke Solo untuk berlatih tenis lapangan kursi roda. Karena ini cabang olahraga sangat susah sekali dan peminatnya kurang,” tambahnya.

Prestasi Atlet-atlet NPC Papua Alami Kemajuan Pesat

Sementara itu, delegasi NPC Pusat, Yasin Onasie juga mengakui jika progres prestasi atlet-atlet NPC Papua mengalami kemajuan pesat. Dirinya yang juga selaku Techincal Delegate tenis lapangan kursi roda bahkan ikut memanggil empat atlet NPC Papua untuk bergabung bersama tim Pelatnas.

Yasin berharap NPC Papua dan Pemerintah Provinsi Papua bisa memanfaatkan venue-venue yang ada untuk menghidupkan lagi event-event olahraga. Dengan begitu pembinaan kepada atlet bisa terus berjalan dan melahirkan atlet-atlet berprestasi lainnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Kota Jayapura Kembali Bertambah, Satu Distrik Zona Merah

“Cukup bagus, ini prospek yang bagus sekali. Kemajuan pesat bagi Papua dan saya berharap Papua tidak tinggal diam dengan adanya venue-venue yang baru, paling tidak bisa berkolaborasi dengan NPC Pusat untuk buat single iven di Papua. Jadi venue-venue ini bisa hidup dan dimanfaatkan dengan harapan kemajuan olahraga di Papua bisa terus berkembang pesat,” kata Yasin.

Ia menilai kesiapan Papua dalam menggelar event besar tidak perlu untuk diragukan, hal ini terbukti dengan suksesnya POX dan Pepaparna XVI.

“Saya percaya, karena Papua ditunjuk sebagai tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI itu sangat luar biasa. Jadi harapan kami ke depannya lewat olahraga lah kita bisa membangun Papua,” pungkasnya.