Kemendikbud Ristek Ajak Satuan Pendidikan Implementasi SPAB
beritapapua.id - Ilustrasi dampak gempa bumi. (Foto: Pixabay/Angelo_Giordano)

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek) mengajak satuan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran akan bencana, melalui implementasi program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Melansir dari website Kabar Banten, Sekretaris Jendral (Sesjen) Kemendikbud ristek Suharti mengimbau kepada Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia agar menugaskan satuan pendidikan untuk mengimplementasikan program SPAB.

“Kami berharap satuan pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif dalam mengimplementasikan SPAB,” kata Suharti data memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022, mengutip kabarbanten.pikiran-rakyat.com dari video kanal YouTube Kemendikbud RI.

Dia juga mengatakan di dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana, tertulis bahwa Kemendikbud Ristek bergiat melakukan pemantauan atas penyelenggaraan program SPAB.

“Dalam peraturan tersebut [diharapkan] dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana di satuan pendidikan melalui beberapa langkah,” ujarnya.

Satuan Pendidikan Diminta Lakukan Pengisian Evaluasi SPAB

Suhari mengajak satuan pendidikan untuk melakukan pengisian evaluasi terkait SPAB sebelum tanggal 20 Mei 2022 melalui aplikasi inaRISK Personal yang dapat [diunduh] pada smartphone melalui Play Store di https://bit.ly/inaRISKandroid atau App Store di https://apple.co/3wHJXxU.

Baca Juga: Bulan Lalu, Harga Minyak Dunia Anjlok Hingga 5%

“Hasil pengisian evaluasi SPAB tersebut akan menjadi bahan laporan dalam forum Global Platform for [Disaster Risk Reduction] atau GPDRR ke-7 pada 23-28 Mei 2022 di Bali dan hadiri delegasi dari 193 negara,” ucapnya.

Suharti juga mengatakan, satuan pendidikan yang berpartisipasi dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana dapat melakukan beberapa pilihan kegiatan seperti sosialisasi, edukasi dan kampanye publik ataupun kampanye di sosial media terkait SPAB.

“Peningkatan keterampilan dan kapasitas warga satuan pendidikan dalam penyelenggaraan SPAB, serta pengecekan sarana dan prasarana keselamatan, penyusunan uji prosedur tetap,” ujarnya.

Ia menuturkan, satuan pendidikan dapat mendaftarkan atau melaporkan kegiatan hari kesiapsiagaan bencana di masing-masing satuan pendidikan melalui laman https://bit.ly/DaftarHKB2022.

“Satuan pendidikan bisa mengunjungi laman untuk informasi lebih lanjut spab.kemdikbud.go.id,” tuturnya.