KemenPAN RB: Pendaftaran CPNS Dibuka 2021 Mei
beritapapua.id - Proses tes CPNS (foto : pikiran-rakyat.com)

Kabar gembira bagi pemuda-pemudi Indonesia. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan pendaftaran tes CPNS tahun 2021 dibuka Mei mendatang.

Rencananya, pendaftaran CPNS jatuh pada tanggal 31 Mei hingga 21 Juni. Kendati demikian, KemenPAN RB menyebut tanggal tersebut masih tentatif.

“Memang tanggal ini sifatnya tentatif. Jadi sebagai informasi awal. Kami rencana akan infokan lebih lanjut setelah libur Idul Fitri ini. Karena memang sebagai informasi awal agar rekan-rekan daerah bisa terinfo untuk antisipasi,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB, Andi Rahadian, mengutip Liputan6.com.

Berdasarkan informasi terbaru, berikut tanggal proses seleksi CPNS 2021 dan PPPK,

Pertama, pengumuman seleksi berlangsung pada tanggal 30 Mei-13 Juni 202. Kemudian, proses pendaftaran seleksi pada 31 Mei-21 Juni 2021.

Setelah lolos administrasi, maka Seleksi Pengumuman Administrasi dan Pengumuman Hasil jatuh pada tanggal 1-30 Juni 2021. Dan, Masa Sanggah pada 1-11 Juli 2021.

Pelaksanaan tes SKD CPNS (CAT BKN) jatuh pada tanggal Juli-September 202. Untuk Seleksi PPPK non-Guru (CAT BKN) pada Juli-September 2021 atau setelah SKD CPNS selesai pada masing-masing lokasi.

Selanjutnya, seleksi PPPK Guru (CBT Kemendikbud) berlangsung pada Agustus 2021 (Tes Satu), Oktober 2021 (Tes Dua), Desember 2021 (Tes Tiga)

Setelah lolos SKD, peserta akan melakukan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS pada bulan September-Oktober 2021.

Kemudian, untuk Pengumuman Akhir dan Masa Sanggah akan jatuh pada bulan November 2021 mendatang. untuk Penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai) CPNS/Nomor Induk PPPK rencananya pada bulan Desember 2021.

Seluruh informasi tersebut dapat dilihat pada adan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan laman khusus untuk pendaftaran yaitu di https://sscasn.bkn.go.id/.

Yang Baru dari Pendaftaran CPNS Tahun 2021

Ketua Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, menyebutkan ada fasilitas baru bagi pendaftar CPNS 2021. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa proses pendaftaran akan lebih mudah tahun ini.

Pertama, pendaftar tak perlu mengunggah sejumlah dokumen. Adapun dokumen tersebut adalah ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) saat melakukan pendaftaran.

Baca Juga : Sombong Adalah Menolak Kebenaran dan Merendahkan Manusia

Hal ini karena ada peningkatan fitur portal SSCASN. Tahun ini, portal pendaftaran CPNS itu terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Bahkan, juga dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristekdikti), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Selanjutnya, pendaftaran CPNS tahun ini menggunakan fitur face recognition. Artinya, wajah peserta akan tersimpan dalam data base agar tidak ada kecurangan dalam melakukan ujian.

Selain itu, ada fitur verifikasi administrasi oleh instansi secara daring. Dengan demikian, instansi terkait dapat melakukan verifikasi dengan mudah sesuai dengan dokumen yang pelamar sudah unggah.

Dengan sistem verifikasi online, peserta juga dapat melihat dan memonitor perkembangan proses pendaftaran. Bahkan, melihat hasil pengolahan nilai.

Bagaimana? Tertarik mengikuti tes CPNS?