Kementerian ATR/BPN Dorong Pemetaan Wilayah Adat Papua
Beritapapua.id - Kementerian ATR/BPN Dorong Pemetaan Wilayah Adat Papua - Papua Times

Kementerian ATR/BPN Dorong Pemetaan Wilayah Adat Papua – Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Papua, Rabu (21/10/2020), Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra, mendorong agar dilakukannya pemetaan terhadap wilayah Adat di Papua.

Kunjungan kerja tersebut bertujuan menyerap berbagai persoalan yang dihadapi Pemprov Papua di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya dalam menyelesaikan target jangka pendek yang ingin yakni terkait adalah pemetaan wilayah adat. Menurut Surya Tjandra hal ini dimaksudkan agar program pembangunan yang dilakukan kedepan turut melibatkan mereka didalamnya.

Sementara untuk mewujudkan hal tersebut, Surya berharap adanya dukungan dari Pemprov Papua serta Pemerintah kabupaten dan kota.

“Sebab kita juga di pusat pada prinsipnya mendukung apa yang menjadi program Pemerintah Provinsi Papua. Lebih khusus dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang ATR,” Jelas Surya.

Menurut Surya, hal tersebut akan menjadi komitmen serius bagi pihak ART/BPN di tingkat pusat. Sebab, sambungnya, hal tersebut menjadi tanggung jawab yang diemban di mana Papua yang cukup lama tertinggal harus mulai diperhatikan.

“Kami datang sesuai Inpres 9/2020 yang intinya memerintahkan agar pemerintahan kita mendukung pembangunan Papua secara optimal. Sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Papua,” Kata Wamen ATN/BPN tersebut.

Baca Juga: Pulau Rinca Akan Jadi Jurassic Park Indonesia

Penyelesaian Tanah Adat Masih Menjadi Kendala

Kementerian ATR/BPN Dorong Pemetaan Wilayah Adat Papua
Beritapapua.id – Kementerian ATR/BPN Dorong Pemetaan Wilayah Adat Papua – Papua.go.id

Penjabat Sekda Papua, Doren Wakerkwa mengakui penyelesaian masalah tanah adat selama ini kerap menjadi tantangan kendala bagi Pemprov Papua dalam melaksanakan pembangunan. Sehingga Doren berharap, melalui kunjungan Wamen ATR/BPN dapat menghadirkan solusi atas permasalan tersebut.

“Memang situasi dan kondisi yang dihadapi di Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten/Kota adalah tanah adat di seluruh Papua yang sudah dimiliki rakyat Papua. Dalam rangka pembangunan pemerintahan maupun insfrastruktur pelayanan kemasyarakatan di daerah, diperhadapkan dengan tantangan besar perihal penyelesaian persoalan tanah,” Jelas Pj Sekda Papua.

Doren berharap melalui kunjungan kerja Wamen ATR/BPN untuk melihat perkembangan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Papua terkait penyelesaian masalah tanah adat di Papua, dapat menghasilakan kolaborasi kerja antara para pihak. Sehingga dapat diperoleh kesempahaman untuk kemudian bersama mengambil langkah terkait pembangunan kedepan.