Kementerian PUPR Jadikan BSD City Inspirasi dalam Kembangkan IKN Nusantara
beritapapua.id - Ilustrasi BSD City - (Foto: Istimewa)

Kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Tanggerang Selatan, berhasil mencuri perhatian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Mayarakat (PUPR) ketika sedang melakukan studi bading ke lokasi. Kementerian PUPR pun menjadikan BSD City yang sebagai inspirasi untuk menyusun perencanaan pembangunan infrastruktur kawasan perumahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. BSD City merupakan hasil dari pengemabangan pembangunan oleh Sinar Mas Land.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan bahwa Kementerian PUPR serta para pejabat dan tim yang tergabung dalam penyusunan perencanaan perumahan di IKN, telah melakukan studi banding ke Sinar Mas Land dengan tujuan untuk mempelajari beberapa konsep, strategi, dan desain pengembangan.

Menurut perwakilan Sinarmas Land, Ignesjz Kemalawarta, kegiatan ini merupakan langkah yang sangat penting dalam sejarah Indonesia, sehingga bisa menyeimbangkan pembangunan untuk masyarakat termasuk penyediaan hunian yang layak huni,

Poin Unggul yang Menjadi Daya Tarik Bagi Kementerian PUPR

Iwan mengatakan bahwa pengembangan serta pembangunan kawasan perumahan dan pemukiman yang Sinar Mas Land lakukan sudah sangat baik dan bisa terlaksanakan di daerah lain.

Selain itu, koordinasi yang baik antara pengembang BSD City dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait, mampu mewujudkan lingkungan yang tertata sekaligus membuat masyarakat yang tinggal di daerah tersebut dapat hidup dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: VIRAL!! Polisi Membuang Miras ke Laut Mimika

Selain kerja sama yang baik, pembangunan yang memperhatikan kontur alam serta sekaligus menjaga kelestarian lingkungan oleh pihak Sinarmas Land juga menjadi perhatian.

Pengembangan kawasan yang dilakukan dengan cara mendorong pemanfaatan teknologi informasi juga didukung dengan memperhatikan pelestarian sosial budaya lokal yang ada, membuat kawasan tersebut semakin maju dan menarik minat para investor untuk berinvestasi di daerah tersebut.

Melansir dari beritasatu.com, Ignesjz memaparkan sejumlah program dan kebijakan dalam pembangunan antaranya tahapan-tahapan dalam pembangunan kawasan BSD City dari awal hingga saat ini, transisi pembangunan BSD City menuju pembangunan yang rendah emisi karbon serta transformasi BSD City menjadi kota berbasis digital